PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLIPACLIP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI MATRIKS

WILDAN, . (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLIPACLIP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI MATRIKS. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2433Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1660Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan proses dan hasil pembuatan media pembelajaran flipaclip, serta seberapa efektif mereka dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi matriks. Penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implement, dan Evaluate). Studi ini dilakukan di SMAN 1 Limau Tanggamus selama pembelajaran matematika kelas XI tentang materi Matriks. Uji kelayakan soal, uji prasyarat, uji hipotesis, dan uji N-Gain adalah analisis data yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa flipaclip adalah alat pembelajaran yang valid dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran matriks. Hasil validasi ahli materi sebesar 88,54% menunjukkan bahwa media tersebut sangat valid. Hasil validasi ahli media sebesar 88,54% menunjukkan bahwa hasil tersebut sangat valid. Sementara hasil uji coba sampel t-test independen, yang menunjukkan nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0, hasilnya menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis flipaclip pada materi matriks menunjukkan kriteria "sangat menarik dan layak digunakan", dan hasilnya menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis flipaclip pada materi matriks meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matriks siswa kelas XI dengan persentase penilaian 89,69%.. Kata Kunci : Pengembangan; Media Pembelajaran; Flipaclip; Pemecahan Masalah; Matriks The aim of this research is to explain the process and results of creating flipaclip learning media, as well as how effective they are in improving students' problem solving abilities on matrix material. This research uses research and development (R&D) with the ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implement and Evaluate) development model. This study was conducted at SMAN 1 Limau Tanggamus during class XI mathematics learning on Matrix material. Question feasibility tests, prerequisite tests, hypothesis tests, and N-Gain tests are the data analysis used. The research results show that flipaclip is a valid learning tool and suitable for use in the matrix learning process. Material expert validation results of 88.54% indicate that the media is very valid. Media expert validation results of 88.54% indicate that these results are very valid. Meanwhile, the results of the independent sample t-test, which showed a Sig (2-tailed) value of 0.000 < 0, the results showed that the flipaclip-based learning media on matrix material showed the criteria of "very interesting and suitable for use", and the results showed that the learning media flipaclip based on matrix material increases the matrix problem solving abilities of class XI students with an assessment percentage of 89.69%. Keywords: Development; Instructional Media; Flipaclip; Solution to problem; Matrix

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: 2308144079 . Digilib
Date Deposited: 21 Feb 2024 06:51
Terakhir diubah: 21 Feb 2024 06:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/79220

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir