KEPRAKTISAN DAN KEEFEKTIFAN e-LKPD BERBASIS AKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN ExPRession UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS

HINDUN , EKA FENANDA (2024) KEPRAKTISAN DAN KEEFEKTIFAN e-LKPD BERBASIS AKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN ExPRession UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (181Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2206Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1403Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepraktisan dan keefektifan e-LKPD berbasis aktivitas model pembelajaran ExPRession untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi interferensi cahaya. Sampel yang digunakan yaitu peserta didik kelas XII MIPA 1 dan XII MIPA 3 SMAN 1 Abung Semuli Tahun Ajaran 2023/2024. Desain penelitian yang digunakan yaitu Pretest Posttest Control Group Design. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi aktivitas keterampilan berpikir kritis, dan lembar tes soal essay. Keterlaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran ExPRession mencapai 89,50% dalam kategori terlaksana sangat baik, aktivitas keterampilan berpikir kritis peserta didik pada setiap indikator mencapai 80,16% dalam kategori baik sekali. Pembelajaran dengan menerapkan e-LKPD berbasis aktivitas model pembelajaran ExPRession pada pembelajaran fisika dinyatakan efektif dalam mengukur keterampilan berpikir kritis peserta didik, hal ini terlihat dari nilai ratarata N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0,69 dengan kategori sedang, lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang sebesar 0,45. Berdasarkan hal tersebut, keterampilan berpikir kritis pada kelas eksperimen lebih meningkat dibandingkan dengan kelas kontrol. Hal ini didukung dengan hasil uji Independent Sample T-Test diperoleh nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 dan hasil uji Effect Size sebesar 2,234 dengan kategori sangat besar, maka dapat diambil kesimpulan bahwa e-LKPD berbasis aktivitas model pembelajaran ExPRession efektif dalam melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Kata Kunci : e-LKPD, ExPRession, Keterampilan Berpikir Kritis

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2308707107 . Digilib
Date Deposited: 21 Feb 2024 07:02
Terakhir diubah: 21 Feb 2024 07:02
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/79223

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir