KOMPETENSI GURU TAMAN KANAK-KANAK DALAM MELAKSANAKAN PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR

Priska , Sinaga (2024) KOMPETENSI GURU TAMAN KANAK-KANAK DALAM MELAKSANAKAN PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (40Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1442Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (1034Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kompetensi guru taman kanak-kanak dalam melaksanakan penilaian proses dan hasil dengan menggunakan . pendekatan kuantitatif metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru TK yang ada di Desa Karang Anyar Kabupaten Lampung Selatan dengan teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling, yaitu 45 guru. Analisis data penelitian ini menggunakan statistik deskriptif dan menggunakan kuesioner bentuk rating scale sebagai alat pengumpulan data. Hasil penelitian menggambarkan bahwa persentase terbesar berada pada kategori baik dengan persentase 49,16% tergolong rendah. Persentase sedang pada kategori sangat baik dengan besar persentase 35,79% tergolong rendah, dan persentase terkecil terkait kompetensi guru dalam kategori kurang berada pada besar persentase 14,16% tergolong sangat rendah. Dianalisis berdasarkan dimensi, persentase kompetensi guru tergolong tinggi berada pada dimensi mengadministrasikan penilaian proses dan hasil belajar secara berkesinambungan, yaitu 68,9%. Terdapat empat dimensi yang tergolong rendah diantaranya: 1) memahami prinsip-prinsip penilaian sebesar 46,5%, 2) menentukan aspek-aspek proses dan hasil belajar sebesar 46,6%, 3) menganalisis hasil penilaian proses dan hasil belajar sebesar 60%, dimensi melakukan evaluasi proses dan hasil belajar, yaitu 60%. Terdapat dua dimensi yang tergolong sangat rendah diantaranya; 1) menentukan prosedur penilaian proses dan hasil belajar dengan 44,4%, dan 2) dimensi mengembangkan instrumen penilaian proses dan hasil belajar, yaitu 40%. Kata Kunci: Penilaian proses belajar, penilaian hasil belajar, kompetensi guru, taman kanak-kanak

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Anak Usia Dini
Pengguna Deposit: 2308852561 . Digilib
Date Deposited: 23 Feb 2024 02:55
Terakhir diubah: 23 Feb 2024 02:55
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/79349

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir