PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTU MEDIA INFOGRAFIS TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN TINGKAT SMP

BEBY , OLIVIA ALIANDA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTU MEDIA INFOGRAFIS TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN TINGKAT SMP. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (165Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1226Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1076Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran Problem Based learning (PBL) berbantu media infografis terhadap hasil belajar kognitif pada materi pencemaran lingkungan tingkat SMP. Jenis penelitian yang digunakan ialah quasi eksperimen. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain ..pretest-postest. .equivalent .control.. group. Sampel..dalam..penelitian..ini diambil dengan teknik purposive sampling terpilih kelas VII G sebagai kelas eksperimen dan VII H sebagai kelas kontrol. Data penelitian didapatkan dengan memberikan pretest, postest serta angket tanggapan peserta didik terhadap penerapan model PBL berbantu media infografis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model PBL..berbantu media infografis terhadap hasil belajar kognitif peserta didik dengan nilai sig (2-tailed) 0,00<0,05 sehingga H1 diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunakan model PBL berbantu media infografis berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif pada materi pencemaran lingkungan di SMP Negeri 3 Terbanggi Besar. Kata Kunci: Hasil Belajar Kognitif, Media Infografis, Model Pebelajaran PBL, Pencemaran Lingkungan

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
400 Bahasa
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2308655957 . Digilib
Date Deposited: 26 Feb 2024 01:54
Terakhir diubah: 26 Feb 2024 01:54
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/79525

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir