PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DAN SIKAP PEDULI KAWASAN KONSERVASI TAMAN NASIONAL WAY KAMBAS LAMPUNG

DYAH , ANISAH (2024) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DAN SIKAP PEDULI KAWASAN KONSERVASI TAMAN NASIONAL WAY KAMBAS LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (58Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1018Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (910Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model discovery learning terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi dan sikap peduli peserta didik kawasan konservasi Taman Nasional Way Kambas. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2022/2023 di SMP N 1 Way Jepara. Penelitian ini menggunakan desain eksperimental semu dengan bentuk desain pretest-posttest kelompok non-ekuivalen. Sampel pada penelitian ini diambil dengan teknik random sampling, dan diperoleh peserta didik kelas VII B sebanyak 33 orang sebagai kelas kontrol dan kelas VII C sebanyak 33 orang sebagai kelas eksperimen. Data keterampilan berpikir tingkat tinggi diperoleh melalui pretest dan posttest, kemudian dianalisis dengan uji independent sampel ttest. Data sikap peduli peserta didik diperoleh melalui angket sikap peduli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan penerapan model discovery learning terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi dan sikap peduli kawasan konservasi Taman Nasional Way Kambas pada taraf signifikansi 0,05 dengan nilai sig. 0,000 < 0,05. Selain itu, dimensi sikap peduli lingkungan yang paling dikuasai oleh peserta didik yakni dimensi konatif (85,45%) dengan kategori sangat baik. Kata kunci : discovery learning, keterampilan berpikir tingkat tinggi, sikap peduli, Taman Nasional Way Kambas

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2308741741 . Digilib
Date Deposited: 26 Feb 2024 03:19
Terakhir diubah: 26 Feb 2024 03:19
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/79527

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir