PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

DESI, RAMADHANI (2024) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF (ABSTRAK)
1 ABSTRAK_DESI RAMADHANI (2013021009).pdf

Download (10Kb) | Preview
[img] File PDF (SKRIPSI FULL)
2 SKRIPSI FULL_DESI RAMADHANI (2013021009).pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2443Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF (SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN)
3 SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN_DESI RAMADHANI (2013021009).pdf

Download (2679Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Natar semester genap tahun pelajaran 2023/2024 sebanyak 209 siswa yang terdistribusi ke dalam tujuh kelas yaitu VIII A sampai VIII G. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII E terdiri dari 31 siswa dan VIII C terdiri dari 29 siswa yang terpilih dengan teknik purposive sampling. Desain yang digunakan adalah pretest posttest control group design dengan kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dan VIII C sebagai kelas kontrol. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh melalui tes kemampuan komunikasi matematis siswa. Teknik analisis data meliputi analisis uji prasyarat dan uji hipotesis. Analisis uji hipotesis yang digunakan pada penelitian ini menggunakan uji-t dan uji proporsi. Hasil uji t diperoleh bahwa rata-rata data gain kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti model discovery learning lebih tinggi daripada rata-rata data gain kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Hasil uji proporsi diperoleh bahwa proporsi siswa yang memiliki kemampuan komunikasi matematis terkategori baik pada kelas yang mengikuti model discovery learning lebih tinggi daripada kelas yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan demikian, model discovery learning berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata kunci: discovery learning, kemampuan komunikasi matematis, pengaruh.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: 2308118651 . Digilib
Date Deposited: 19 Dec 2024 04:11
Terakhir diubah: 19 Dec 2024 04:11
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/80848

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir