PENGEMBANGAN LKPD TEKS EKSPOSISI BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK SISWA SMA KELAS X

Nurul, Ismail (2024) PENGEMBANGAN LKPD TEKS EKSPOSISI BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK SISWA SMA KELAS X. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (157Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3323Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TESIS FULL TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (1882Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan materi ajar berupa lembar kerja peserta didik teks eksposisi berbasis problem based learning dan project based learning, mendeskripsikan kelayakan lembar kerja peserta didik teks eksposisi problem based learning dan project based learning, dan mendeskripsikan efektivitas lembar kerja peserta didik teks eksposisi berbasis problem based learning dan project based learning untuk siswa SMA kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan mengadaptasi prosedur penelitian dan pengembangan Borg and Gall dengan tahapan (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data kebutuhan LKPD, (3) pengembangan LKPD melalui perancangan produk dan mengembangkan bentuk produk awal, (4) evaluasi produk melalui validasi oleh ahli/pakar yang relevan, (5) revisi rancangan produk hasil validasi, (6) uji coba produk (uji coba kelas skala terbatas dan revisi hasil uji coba dilanjutkan dengan uji coba kelas skala luas), (7) melakukan revisi tahap akhir. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan penyebaran angket di sekolah MAN 2 Bandar Lampung, SMA Negeri 1 Seputih Banyak, dan SMA Negeri 1 Way Seputih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) lembar kerja peserta didik teks eksposisi berbasis problem based learning dan project based learning telah dikembangkan sesuai dengan konsep Borg and Gall, (2) sesuai konsep Borg & Gall dan dinyatakan sangat layak oleh ahli materi pembelajaran, ahli media pembelajaran, dan praktisi dengan persentase 92,75%, 95,00%, dan 96,15%, (3) berdasar pada perbandingan pretest, posttest, dan N-Gain dari penggunaan LKPD teks eksposisi dikembangkan mendapatkan nilai sebesar 0.43 dan 0.44 termasuk dalam kategori “sedang” sehingga efektif digunakan dalam pembelajaran. Kata Kunci: materi ajar, LKPD, teks eksposisi, siswa

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 400 Bahasa
400 Bahasa > 407 Pendidikan, riset dan topik terkait tentang Bahasa
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia
Pengguna Deposit: 2308838597 . Digilib
Date Deposited: 21 Dec 2024 10:27
Terakhir diubah: 21 Dec 2024 10:27
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/80975

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir