PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) TERHADAP KETERAMPILAN METAKOGNITIF DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Brigita, Dwi Indah Sari (2024) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) TERHADAP KETERAMPILAN METAKOGNITIF DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (25Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2576Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2191Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh Strategi Pembelajaran PQ4R terhadap keterampilan metakognitif dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan nonequivalent pretest-posttest control group design. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII MIPA 1 dan MIPA 2 yang berjumlah 64 dan dipilih dengan teknik Cluster random sampling. Data keterampilan metakognitif di peroleh dengan menggunakan angket dan data hasil belajar menggunakan nilai pretest dan posttest. Angket keterampilan metakognitif dan hasil belajar dianalisis dengan uji Independent Sample T-test pada taraf kepercayaan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan metakognitif baik pada tahap perencanaan, pemantauan maupun evaluasi pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil belajar kognitif kelas eksperimen berbeda signifikan dengan kelas kontrol. Rata-rata N-gain pada kelas eksperimen sebesar 0,63 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,33. Jadi dapat disimpulkan bahwa Strategi PQ4R berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan metakognitif dan hasil belajar peserta didik pada materi sistem pencernaan pada manusia. Kata kunci : Hasil belajar, Keterampilan Metakognitif, Sistem pencernaan pada manusia, PQ4R

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2308617488 . Digilib
Date Deposited: 24 Dec 2024 04:14
Terakhir diubah: 24 Dec 2024 04:14
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/80981

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir