PENGARUH KONTEN FINANCIAL MANAGEMENT CHANNEL YOUTUBE @SAMUELANDCLAUDYA TERHADAP SIKAP GEN Z DALAM MENGELOLA KEUANGAN

NURUL , IZZA PRANAJAYA (2024) PENGARUH KONTEN FINANCIAL MANAGEMENT CHANNEL YOUTUBE @SAMUELANDCLAUDYA TERHADAP SIKAP GEN Z DALAM MENGELOLA KEUANGAN. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (198Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (5Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Kondisi perekonomian yang kian kompleks menjadi tantangan tersendiri bagi masyarakat pada tiap tingkatan generasi tidak terkecuali pada generasi Z sehingga sistem pengelolaan keuangan yang baik sangat dibutuhkan oleh masyarakat agar mampu bertahan hidup. Konten edukasi manajemen finansial dapat menjadi salah satu cara dalam memotivasi masyarakat untuk melakukan pengelolaan keuangan yang tepat dan bijak. @samuelandclaudya merupakan salah satu influencer keuangan yang menggunakan Youtube sebagai wadah mereka dalam membuat konten. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana peran konten manajemen finansial oleh influencer keuangan dalam hal ini adalah konten-konten @samuelandclaudya mempengaruhi sikap generasi z dalam mengelola keuangan. Teori yang diuji dalam penelitian ini yaitu teori uses and effect yang pertama kali dikemukakan oleh Sven Windhal pada tahun 1979. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survey kepada 100 responden berusia 17-28 tahun yang merupakan subscriber dari @samuelandclaudya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara terpaan konten @samuelandclaudya dengan perubahan sikap gen z dalam mengelola keuangan yang dibuktikan dengan thitung 8.136 > ttabel 1,660 yang memiliki arti Ha diterima dan H0 ditolak serta pengaruhnya sebesar 40,3% yang didasarkan pada uji koefisien determinasi (R2). Dimensi dalam variabel terpaan konten financial management channel Youtube @samuelandclaudya yang cukup berpengaruh ada dalam dimensi atensi dengan nilai kumulatif sebesar 84,2%. Sedangkan dimensi yang paling besar dipengaruhi dalam variabel sikap gen z dalam mengelola keuangan adalah dimensi afektif dengan nilai kumulatif sebesar 88,8% Kata kunci: Influencer Keuangan, Manajemen Finansial, Youtube, Gen Z, Media Baru

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Komunikasi
Pengguna Deposit: 2308743029 . Digilib
Date Deposited: 20 Jan 2025 01:43
Terakhir diubah: 20 Jan 2025 01:43
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/81226

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir