NURUL , IZZA PRANAJAYA (2024) PENGARUH KONTEN FINANCIAL MANAGEMENT CHANNEL YOUTUBE @SAMUELANDCLAUDYA TERHADAP SIKAP GEN Z DALAM MENGELOLA KEUANGAN. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf Download (198Kb) | Preview |
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (5Mb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (4Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Kondisi perekonomian yang kian kompleks menjadi tantangan tersendiri bagi masyarakat pada tiap tingkatan generasi tidak terkecuali pada generasi Z sehingga sistem pengelolaan keuangan yang baik sangat dibutuhkan oleh masyarakat agar mampu bertahan hidup. Konten edukasi manajemen finansial dapat menjadi salah satu cara dalam memotivasi masyarakat untuk melakukan pengelolaan keuangan yang tepat dan bijak. @samuelandclaudya merupakan salah satu influencer keuangan yang menggunakan Youtube sebagai wadah mereka dalam membuat konten. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana peran konten manajemen finansial oleh influencer keuangan dalam hal ini adalah konten-konten @samuelandclaudya mempengaruhi sikap generasi z dalam mengelola keuangan. Teori yang diuji dalam penelitian ini yaitu teori uses and effect yang pertama kali dikemukakan oleh Sven Windhal pada tahun 1979. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survey kepada 100 responden berusia 17-28 tahun yang merupakan subscriber dari @samuelandclaudya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara terpaan konten @samuelandclaudya dengan perubahan sikap gen z dalam mengelola keuangan yang dibuktikan dengan thitung 8.136 > ttabel 1,660 yang memiliki arti Ha diterima dan H0 ditolak serta pengaruhnya sebesar 40,3% yang didasarkan pada uji koefisien determinasi (R2). Dimensi dalam variabel terpaan konten financial management channel Youtube @samuelandclaudya yang cukup berpengaruh ada dalam dimensi atensi dengan nilai kumulatif sebesar 84,2%. Sedangkan dimensi yang paling besar dipengaruhi dalam variabel sikap gen z dalam mengelola keuangan adalah dimensi afektif dengan nilai kumulatif sebesar 88,8% Kata kunci: Influencer Keuangan, Manajemen Finansial, Youtube, Gen Z, Media Baru
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi |
Program Studi: | Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Komunikasi |
Pengguna Deposit: | 2308743029 . Digilib |
Date Deposited: | 20 Jan 2025 01:43 |
Terakhir diubah: | 20 Jan 2025 01:43 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/81226 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |