EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DISCOVERY BERBASIS SIMULASI MOLEKUL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN TRANSLASI ANTARLEVEL REPRESENTASI PADA MATERI HUKUM DASAR KIMIA

Risna Wahyuni , Dongoran (2024) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DISCOVERY BERBASIS SIMULASI MOLEKUL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN TRANSLASI ANTARLEVEL REPRESENTASI PADA MATERI HUKUM DASAR KIMIA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (120Kb) | Preview
[img] File PDF
2. FILE SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. FILE SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2485Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran discovery berbasis simulasi molekul untuk meningkatkan kemampuan translasi antarlevel representasi pada materi hukum dasar kimia. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuasi eksperimen dengan menggunakan desain penelitian pretes-postes control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Katibung Kabupaten Lampung Selatan Tahun Ajaran 2024/2025. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X merdeka 7 sebagai kelas kontrol dan kelas X merdeka 4 sebagai kelas eksperimen. Pengujian hipotesis menggunakan uji perbedaan dua rata-rata dengan Indepedent Sample T-test. Pada perhitungan nilai n-gain didapakan nilai n-gain kelas eksperimen sebesar sebesar 0,78 dengan kriteria “tinggi”, sementara pada uji perbedaan dua rata-rata didapatkan hasil terdapat perbedaan signifikan antara rata-rata n-gain¬ kemampuan translasi antarlevel representasi siswa kelas eskperimen dengan rata-rata n-gain -kelas kontrol pada materi hukum dasar kimia. Sehingga, model pembelajaran discovery berbasis simulasi molekul efektif untuk meningkatkan kemampuan translasi antarlevel representasi kimia siswa pada materi hukum dasar kimia. Kata Kunci: Pembelajaran discovery, representasi, simulasi molekul, kemampuan translasi antarlevel representasi kimia, hukum dasar kimia.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 2308768099 . Digilib
Date Deposited: 20 Jan 2025 01:53
Terakhir diubah: 20 Jan 2025 01:53
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/81233

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir