MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI VI GEDUNG AIR TANJUNG KARANG BARAT BANDAR LAMPUNG

, Suryadi. S (2011) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI VI GEDUNG AIR TANJUNG KARANG BARAT BANDAR LAMPUNG. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
Cover Proposal.pdf - Published Version

Download (111Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK TA.pdf - Published Version

Download (85Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Menyetujui.pdf - Published Version

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Pengesahan.pdf - Published Version

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Pernyataan.pdf - Published Version

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (186Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Bab I.pdf - Published Version

Download (195Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Bab II.pdf - Published Version

Download (344Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Bab III.pdf - Published Version

Download (117Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (197Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf - Published Version

Download (89Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (9Kb) | Preview
[img] Archive
PDF.zip - Published Version

Download (915Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Permasalahan yang dibahas dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah peningkatan hasil belajar Matematika menggunakan pendekatan kontekstual pada siswa kelas V SD Negeri VI Gedung Air Tanjung Karang Barat Bandar Lampung. Hal ini dilakukan karena Hasil belajar Matematika mayoritas masih berada di bawah KKM, pembelajaran Matematika yang dilakukan masih bersifat konfensional, yakni penyampaian materi dengan ceramah, dan siswa belum dilibatkan secara langsung dalam pemecahan masalah Matematika. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika melalui pendekatan kontekstual siswa kelas V SDN VI Gedung Air Tanjung Karang Barat Bandar Lampung tahun pelajaran 2010-2011. Penelitian dilakukan di SD Negeri VI Gedung Air Kecamatan Tanjung Karang Barat Bandar Lampung, pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2010/2011, pelaksanaan penelitian terdiri dari siklus-siklus, masing-masing siklus terdiri dari beberapa pertemuan, tiap ahir siklus dilakukan refleksi dan replanning untuk melanjutkan pada siklus selanjutnya.Eksperimen dilakukan dengan pendekatan kontekstual menggunakan benda-benda nyata sebegai alat peraga dengan materi bahasan materi-materi tentang bangun datar. Data yang diperoleh pada setiap tahapan penelitian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas ini dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar matematika pokok bahasan bangun datar yang signifikan setelah digunakannya pendekatan kontekstual pada siswa kelas V SD Negeri VI Gedung Air Tanjung Karang Barat Bandar Lampung tahun pelajaran 2010/2011, dilihat dari hasil ulangan pada siklus I dan II yang dilihat dari tercapainya KKM oleh siswa. Secara operasional wujud keberhasilan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah: (1) Siswa telah beradaptasi dan terbisa dengan pembelajaran Kontekstual. (2) Guru selaku motivator dan fasilitator telah berusaha keras meningkatkan motivasi dalam membimbing dan mengarahkan siswa dalam KBM. (3) Penggunaan alat peraga cukup menarik dalam memotivasi siswa. (4) Dalam pembelajaran dikelas tidak lagi di dominasi oleh sebagian siswa. (5) Pembelajarn yang dilakukan menarik dan interaktif. Saran yang disampaikan dari hasil penelitian ini adalah: (1) Guru hendaknya dapat lebih sering menggunakan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran matematika pada siswa di kelas. (2) Orang tua siswa hendaknya dapat lebih memahami pembelajaran dengan pendekatan kontekstual yang dilakukan guru di sekolah pada anak didiknya. Kata kunci: Hasil belajar dan Pendekatan Kontekstual.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > BF Psychology
> > BF Psychology

> L Education (General) = Pendidikan
> LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Pengguna Deposit: UPT Perpustakaan Unila
Date Deposited: 29 Jan 2014 04:45
Terakhir diubah: 29 Jan 2014 04:45
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/816

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir