PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Terbanggi Besar Semester Genap Tahun Pelajaran 2023/2024)

Alfina , Damayanti (2024) PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Terbanggi Besar Semester Genap Tahun Pelajaran 2023/2024). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1_ABSTRAK - Alfina Damayanti.pdf

Download (57Kb) | Preview
[img] File PDF
2_SKRIPSI FULL TANPA LAMPIRAN_removed - Alfina Damayanti.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1156Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3_skripsi tanpa pembahasan - Alfina Damayanti.pdf

Download (1321Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model guided discovery learning terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Terbanggi Besar sebanyak 247 siswa yang terdistribusi dalam delapan kelas yaitu kelas VIII A sampai VIII H. Sampel dalam penelitian ini dipilih menggunakan teknik cluster random sampling, dan diperoleh siswa kelas VIII A sebanyak 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan VIII B sebanyak 30 siswa sebagai kelas kontrol. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari tes kemampuan representasi matematis siswa. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji-t dengan α = 0,05, diketahui bahwa peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang mengikuti model guided discovery learning lebih tinggi daripada peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan demikian, model guided discovery learning berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Terbanggi Besar semester genap tahun pelajaran 2023/2024. Kata Kunci : guided discovery learning, kemampuan representasi matematis siswa, pengaruh

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 506 Organisasi di bidang ilmu pengetahuan alam
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 03 Feb 2025 02:42
Terakhir diubah: 03 Feb 2025 02:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/81824

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir