PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS DAN KESADARAN LINGKUNGAN PESERTA DIDIK PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN BERORIENTASI SDGs

Nazhifah , Dzihni (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS DAN KESADARAN LINGKUNGAN PESERTA DIDIK PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN BERORIENTASI SDGs. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak_Nazhifah - Nazhifah Dzihni.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL_Nazhifah - Nazhifah Dzihni.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1988Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN_Nazhifah - Nazhifah Dzihni.pdf

Download (1782Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan literasi sains dan kesadaran lingkungan peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan ialah quasi eksperimental tipe non-equivalent control group design. Sampel penelitian berjumlah 62 peserta didik yang terdiri dari kelas VIIA (kontrol) dan VIIC (eksperimen) dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Kelas eksperimen diberikan perlakukan menggunakan model PBL, sedangkan kelas kontrol menggunakan model discovery. Data kemampuan literasi sains didapatkan dari hasil pretest dan posttest serta kesadaran lingkungan didapat dari hasil angket. Data literasi sains dianalisis menggunakan uji hipotesis Independent Sample T- test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada taraf signifikansi 0,05 didapatkan nilai Sig. (2-tailed) 0,001 < 0,05 untuk angket kesadaran lingkungan peserta didik mendapatkan respon baik setelah diberikan. Rata-rata nilai N-gain kemampuan literasi sains kelas eksperimen (0,53) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (0,23). Dengan demikian, model PBL berpengaruh signifikan dalam meningkatkan kemampuan literasi sains dan kesadaran lingkungan peserta didik. Kata kunci: Kemampuan literasi sains, kesadaran lingkungan, pencemaran lingkungan, problem based learning, SDGs

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 04 Feb 2025 01:39
Terakhir diubah: 04 Feb 2025 01:39
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/81906

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir