Maura , Fadia Dita Putri (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING MELALUI BLENDED LEARNING TERHADAP LITERASI SAINS DAN KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING SISWA SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK - 056 Maura Fadia Dita P..pdf Download (7Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI FULL - 056 Maura Fadia Dita P..pdf Restricted to Hanya staf Download (2382Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA PEMBAHASAN - 056 Maura Fadia Dita P..pdf Download (1062Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini memaparkan pengaruh model PBL melalui blended learning terhadap literasi sains dan kemampuan problem solving siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 16 Bandarlampung. Pada penelitian ini diterapkan quasi experimental dengan bentuk matching-only pretest-posttest control group design dengan sampel penelitian kelas X IPA 3 sebagai kelompok kontrol dan kelas X IPA 6 sebagai kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan teknik tes dengan instrumen tes literasi sains berupa 10 soal pilihan ganda, dan instrumen tes problem solving berupa 2 soal essay turunan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata n-gain di kelompok eksperimen pada literasi sains berada pada kategori sedang dengan nilai sebesar 0,59 dan pada kemampuan problem solving berada pada kategori sedang dengan nilai sebesar 0,63. Berdasarkan hasil uji Independent Sample T-Test diperoleh nilai sig. (2-tailed) < 0,05, yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan literasi sains dan problem solving pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Berdasarkan hasil uji effect size tingkat efektivitas perlakuan model PBL melalui blended learning terhadap literasi sains dan kemampuan problem solving siswa termasuk dalam kategori besar dengan nilai sebesar 0,99. Hal-hal ini menunjukkan bahwa penerapan model PBL melalui blended learning berpengaruh terhadap literasi sains dan kemampuan problem solving siswa. Kata kunci: problem based learning, literasi sains, problem solving.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 07 Feb 2025 01:28 |
Terakhir diubah: | 07 Feb 2025 01:28 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/82478 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |