DETERMINAN KREDIBILITAS PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN DI ASEAN-5

Bella , Noviani Pratiwi (2024) DETERMINAN KREDIBILITAS PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN DI ASEAN-5. Masters thesis, FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS.

[img]
Preview
File PDF
2221031007_BELLA NOVIANI PRATIWI_ABSTRAK - Bella Noviani Pratiwi.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img] File PDF
2221031007_BELLA NOVIANI PRATIWI_TANPA LAMPIRAN - Bella Noviani Pratiwi.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3731Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
2221031007_BELLA NOVIANI PRATIWI_TANPA PEMBAHASAN DAN LAMPIRAN - Bella Noviani Pratiwi.pdf

Download (2785Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pertumbuhan besar dalam praktik keterbukaan informasi mengenai tanggung jawab sosial perusahaan menjadi daya tarik sendiri dalam pengungkapan laporan tanggung jawab sosial perusahaan. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empiris apakah ukuran perusahaan, standar laporan, bentuk laporan dan panjang laporan berpengaruh positif terhadap kredibilitas pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini merupakan perusahaan yang berada di ASEAN-5 yang masuk dalam Forbes Global 2000 List 2022. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling sehingga didapat 33 perusahaan dengan menggunakan periode 2020-2022 dan mendapatkan 99 observasi. Metode analisis penelitian ini adalah regresi linier berganda dan menggunakan software SPSS versi 26. Temuan penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh negatif signifikan terhadap kredibilitas pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan serta bentuk laporan tidak berpengaruh terhadap kredibilitas pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan, sedangkan standar laporan dan panjang laporan berpengaruh positif signifikan terhadap kredibilitas pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Kata Kunci: Kredibilitas, Ukuran Perusahaan, Standar Laporan, Bentuk Laporan, dan Panjang Laporan The significant increase in the practice of disclosing information about corporate social responsibility has led to an increased interest in the disclosure of corporate social responsibility reports. This study aims to determine empirically whether company size, report standards, report form and report length have a positive effect on the credibility of corporate social responsibility disclosure. The samples used in this study are companies in ASEAN-5 that are included in the Forbes Global 2000 List 2022. This study uses purposive sampling method so that 33 companies are obtained using the 2020-2022 period and get 99 observations. The research findings show that company size has a significant negative effect on the credibility of corporate social responsibility disclosures and the form of the report has no effect on the credibility of corporate social responsibility disclosures, while the standard of the report and the length of the report have a significant positive effect on the credibility of corporate social responsibility disclosures. Keywords: Credibility, Company Size, Report Standard, Report Form, and Report Length

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi
Program Studi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Ilmu Akuntansi S2
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 08 Feb 2025 02:51
Terakhir diubah: 08 Feb 2025 02:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/82644

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir