IMPLEMENTASI PjBL-STEM DENGAN STRATEGI DESIGN THINKING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI GLOBAL WARMING

Fitri , Nur Indah Sari (2024) IMPLEMENTASI PjBL-STEM DENGAN STRATEGI DESIGN THINKING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI GLOBAL WARMING. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Fitri Nur Indah Sari.pdf

Download (1587Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL TANPA LAMPIRAN - Fitri Nur Indah Sari.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2956Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Fitri Nur Indah Sari.pdf

Download (2730Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran PjBL-STEM dengan strategi design thinking terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi global warming. Penelitian ini dilakukan di SMAN 2 Pringsewu dengan desain penelitian yaitu non-equivalent control group design. Instrumen penelitian yang digunakan adalah saol tes uraian. Pembelajaran menggunakan PjBL-STEM dengan strategi design thinking meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik, hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata N-gain kelas eksperimen sebesar 0.6130 lebih besar dari kelas kontrol dengan nilai rata-rata sebesar N-gain 0.5051 yang berada pada kategori sedang. Berdasarkan data tersebut menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik mempunyai perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini juga didukung oleh data hasil uji hipotesis Independent Sampel T-Test diperoleh nilai Sig. Sebesar 0.003, maka dapat diambil keputusan bahwa penerapan PjBL-STEM dengan strategi design thinking dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi global warming. Kata Kunci : PjBL-STEM, Design Thinking, Kemampuan Berpikir Kritis, Global Warming.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 11 Feb 2025 06:35
Terakhir diubah: 11 Feb 2025 06:35
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/82960

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir