PENGARUH MEDIA INTERAKTIF ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 11 METRO PUSAT

FIKRI , ABDURRAHMAN ZAKI (2025) PENGARUH MEDIA INTERAKTIF ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 11 METRO PUSAT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (915Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (6Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (6Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian adalah rendahnya hasil belajar Pendidikan Pancasila peserta didik kelas V SD Negeri 11 Metro Pusat. Tujuan penelitian untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan media interaktif animasi terhadap terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila kelas V SD Negeri 11 Metro Pusat. Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Metode penelitian yaitu eksperimen semu dengan desain penelitian yang digunakan yaitu nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 60 orang peserta didik. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknis tes berupa soal pilihan jamak. Teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil uji t bahwa thitung 2,765 lebih besar dari ttabel 2,002, yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media interaktif animasi terhadap terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila kelas V SD Negeri 11 Metro Pusat. The problem in the research is the low learning outcomes of Pancasila education for class V students at SD Negeri 11 Metro Pusat. The aim of the research is to determine the influence of the use of animated interactive media on the learning outcomes of class V Pancasila education at SD Negeri 11 Metro Pusat. Type of quantitative research with an experimental approach. The research method is quasi-experimental with the research design used, namely nonequivalent control group design. The population in this study was 60 students. The research sampling technique used purposive sampling. The data collection technique was carried out using a technical test in the form of multiple choice questions. The data analysis technique uses the ttest. The results of the t test show that the calculated tcount 2,765 is greater than the ttable 2,002, which shows that there is an influence of the use of animated interactive media on the learning outcomes of class V Pancasila education at SD Negeri 11 Metro Pusat.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
600 Teknologi (ilmu terapan) > 601 Filsafat dan teori tentang teknologi dan ilmu terapan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2308103272 . Digilib
Date Deposited: 12 Feb 2025 08:49
Terakhir diubah: 12 Feb 2025 08:49
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/83256

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir