PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA PPT INTERAKTIF TERHADAP PENINGKATAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN TEMATIK KELAS V DI SD NEGERI

Amanda , Surya Widiyati (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA PPT INTERAKTIF TERHADAP PENINGKATAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN TEMATIK KELAS V DI SD NEGERI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - 06_AMANDA SURYA WIDIYATI_4A.pdf

Download (183Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL_AMANDA SURYA WIDIYATI - 06_AMANDA SURYA WIDIYATI_4A.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (8Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN_AMANDA SURYA WIDIYATI - 06_AMANDA SURYA WIDIYATI_4A.pdf

Download (1563Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya tingkat kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V di SD Negeri 2 Hargomulyo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Model Problem Based Learning dengan PPT Interaktif terhadap peningkatan berpikir kritis peserta didik kelas V SD dan mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis antara kelas eksperimen dan kelas kotrol pada peserta didik kelas V di SD Negeri 2 Hargomulyo. Metode penelitian ini adalah Quasi Experimental Group Design dengan bentuk yang digunakan Nonequivalent Control Group Design. Populasi berjumlah 34 orang dan sampel yang digunakan yaitu 34 peserta didik kelas VA dan VB. Sampel ditentukan dengan teknik sampling jenuh. Pengumpulan data dengan teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Pengujian hipotesis yang pertama untuk melihat pengaruh menggunakan uji regresi linear sederhana, kemudian untuk melihat adanya perbedaan menggunakan uji t-test. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh dan perbedaan dari model Problem Based Learning dengan PPT Interaktif terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V di SD Negeri 2 Hargomulyo. Kata Kunci: berpikir kritis, problem based learning, ppt interaktif The problem in this research is the low level of critical thinking skills of class V students at SD Negeri 2 Hargomulyo. This research aims to determine the effect of using the Problem Based Learning Model with Interactive PPT on improving critical thinking in class V elementary school students and determine the differences in critical thinking abilities between experimental classes and control classes in class V students at SD Negeri 2 Hargomulyo. This research method is Quasi Experimental Group Design with the form used Nonequivalent Control Group Design. The population was 34 people and the sample used was 34 students in classes VA and VB. The sample was determined using a saturated sampling technique. Data collection using test, observation and documentation techniques. The first hypothesis test is to see the effect using a simple linear regression test, then to see any differences using the t-test. The results of this research are that there are influences and differences between the Problem Based Learning model and Interactive PPT on the critical thinking abilities of class V students at SD Negeri 2 Hargomulyo Key Words: critical thinking, problem based learning, interactive ppt

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 14 Feb 2025 06:43
Terakhir diubah: 14 Feb 2025 06:43
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/83759

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir