PENGALAMAN BELAJAR TATA RIAS SEBAGAI ACUAN WIRAUSAHA MUA PADA MAHASISWA PENDIDIKAN TARI UNIVERSITAS LAMPUNG ANGKATAN 2020

ENI, SEVIA SARI (2025) PENGALAMAN BELAJAR TATA RIAS SEBAGAI ACUAN WIRAUSAHA MUA PADA MAHASISWA PENDIDIKAN TARI UNIVERSITAS LAMPUNG ANGKATAN 2020. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ASBTRACT.pdf

Download (227Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2526Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PAMBAHASAN.pdf

Download (1542Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini mendeskripsikan pengalaman belajar tata rias mahasiswa Pendidikan Tari angkatan 20 Universitas Lampung yang dapat mempengaruhi motivasi mereka dalam memulai usaha Make-Up Artist (MUA). Metode penelitian yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi, data yang dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan dosen pengampu tata rias dan mahasiswa Pendidikan Tari 20. Penelitian ini menyimpulkan bahwa, pengalaman belajar dalam mata kuliah tata rias berkontribusi besar dalam membentuk keterampilan teknis serta mendorong motivasi untuk membuka jasa MUA. Dengan mengacu pada teori pembelajaran eksperiensial Kolb, 32% mahasiswa yang mengalami tahapan keterampilan melalui praktik langsung (pengalaman konkret), mengevaluasi hasil riasan (observasi reflektif), mencari teori dan referensi tambahan (konseptualisasi abstrak), serta menguji teknik baru melalui latihan (eksperimen aktif), mampu mengembangkan keterampilan secara bertahap untuk menjadi lebih profesional yang menumbuhkan motivasi serta kepercayaan diri terhadap pengalaman yang dimiliki, sehingga siap untuk membuka jasa MUA. Hal tersebut, didukung dengan berbagai faktor-faktor yang mendorong keputusan dalam membuka jasa MUA, yaitu faktor internal seperti perasaan senang, harga diri, pendapatan dan faktor eksternal seperti dukungan keluarga, lingkungan, pendidikan serta peluang pasar. Kata kunci: Belajar, Experiential Learning, Wirausaha MUA

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
700 Seni, seni rupa, kesenian
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 2308820981 . Digilib
Date Deposited: 19 Feb 2025 01:44
Terakhir diubah: 19 Feb 2025 01:44
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/84204

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir