KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION DI SHOPEE YANG DIPENGARUHI OLEH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN ONLINE CUSTOMER RATING PADA GENERASI ZELENIAL (GEN Z) DI INDONESIA

ARZETA , AZ ZAHRA (2024) KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION DI SHOPEE YANG DIPENGARUHI OLEH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN ONLINE CUSTOMER RATING PADA GENERASI ZELENIAL (GEN Z) DI INDONESIA. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK Arzeta Az Zahra - Arzeta Azzahra.pdf

Download (610Kb) | Preview
[img] File PDF
Arzeta Az Zahra (Tanpa Lampiran Isi) - Arzeta Azzahra.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1113Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Arzeta Az Zahra (Tanpa Bab Pembahasan) - Arzeta Azzahra.pdf

Download (850Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Fenomena semakin meningkatnya pembelian secara online di Indonesia menunjukkan bahwa internet memberikan dampak perubahan bagi generasi Z. Dampak utama yang terlihat pada pola perilaku belanja konsumen di Indonesia yang memiliki jumlah populasi sebesar 259,4 juta jiwa, dengan 30% dari jumlah populasinya adalah generasi Z. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh online customer review dan online customer rating terhadap keputusan pembelian produk fashion pada generasi Z. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode explanatory research. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu purposive sampling dengan sebanyak 385 responden. Pada hasil online customer review ditemukan bahwa item frekuensi memiliki nilai yang tinggi sehingga semakin konsumen sering membaca review positif, semakin memengaruhi keputusan pembelian produk fashion di Shopee. Pada hasil online customer rating dengan item rating keseluruhan yang tertinggi menyatakan bahwa online customer rating mempermudah dalam mengkategorisasikan kualitas produk fashion di Shopee. Berdasarkan hasil penelitian ini yang menyatakan bahwa keputusan pembelian generasi Z di Indonesia yang menjadi responden dipengaruhi oleh online customer review dan online customer rating yang terdapat di Shopee. Kata Kunci: Ulasan Konsumen, Penilaian Konsumen, Keputusan Pembelian, E-Commerce, Preferensi Pembelian Generasi Z ABSTRACT PURCHASING DECISIONS FOR FASHION PRODUCTS AT SHOPEE WHICH ARE INFLUENCED BY ONLINE CUSTOMER REVIEWS AND ONLINE CUSTOMER RATINGS IN THE ZELENNIAL GENERATION (GEN Z) IN INDONESIA By ARZETA AZ ZAHRA The phenomenon of increasing online purchases in Indonesia shows that the internet is making a difference for Generation Z. The main impact is seen in the pattern of consumer shopping behavior in Indonesia, which has a population of 259.4 million, with 30% of the population being generation Z. This study was conducted to determine the effect of online customer reviews and online customer ratings on purchasing decisions for fashion products in generation Z. The type of research used is quantitative research using the explanatory research method. The sampling technique in this study was purposive sampling with 385 respondents. In the results of the online customer review, it was found that the frequency item had a high value so that the more consumers often read positive reviews, the more it influenced the decision to purchase fashion products at Shopee. In the results of online customer rating with the highest overall rating item, it states that online customer rating makes it easier to categorize the quality of fashion products at Shopee. Based on the results of this study which states that the purchasing decisions of generation Z in Indonesia who are respondents are influenced by online customer reviews and online customer ratings found at Shopee. Keyword: Consumer Reviews, Consumer Ratings, Purchase Decision, E- Commerce, Generation Z Purchase Preferences

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 320 Ilmu politik (politik dan pemerintahan)
300 Ilmu sosial > 350 Administrasi publik dan ilmu militer
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Administrasi Bisnis
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 18 Feb 2025 07:29
Terakhir diubah: 18 Feb 2025 07:29
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/84284

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir