PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN IPA KELAS V SEKOLAH DASAR

ISMI , TRI ASTUTI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN IPA KELAS V SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2668Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (2575Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V karena pendidik belum menggunakan model pembelajaran yang bervariatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran guided inquiry terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan desain nonequivalent control group desain. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel sebanyak 46 peserta didik. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan studi dokumentasi. Data dianalisis menggunakan uji-t dan uji ancova dengan pengujian menggunakan bantuan IBM SPSS Statistics 25. Hasil menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dan perbedaan yang signifikan penerapan model pembelajaran guided inquiry terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V Sekolah Dasar. Kata kunci : kemampuan berpikir kritis, guided inquiry The problem in this research is that the critical thinking skills of class V students are still low because educators have not used varied learning models. This research aims to determine the effect of implementing the guided inquiry learning model on students' critical thinking abilities. The method used was an experiment with a nonequivalent control group design. This research used a purposive sampling technique with a sample of 46 students. The data collection techniques used are observation, tests and documentation studies. Data were analyzed using the t-test and ANCOVA test with testing using IBM SPSS Statistics 25. The results showed that there was a significant influence and difference in the application of the guided inquiry learning model on the critical thinking abilities of fifth grade elementary school students. Key words: critical thinking skills, guided inquiry

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2308593222 . Digilib
Date Deposited: 20 Feb 2025 06:59
Terakhir diubah: 20 Feb 2025 06:59
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/84685

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir