PENGARUH BERKEBHINEKAAN GLOBAL TERHADAP SIKAP NASIONALISME PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 2 METRO

Wulan , Ambar Asrofi (2024) PENGARUH BERKEBHINEKAAN GLOBAL TERHADAP SIKAP NASIONALISME PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 2 METRO. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Wulan Ambar.pdf

Download (172Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL - Wulan Ambar.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2501Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA PEMBAHASAN - Wulan Ambar.pdf

Download (2381Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh berkebhinekaan global terhadap sikap nasionalisme pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Metro. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini melibatkan digunakan untuk memahami konsep berkebhinekaan global dan nasionalisme. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Metro tahun ajaran 2023/2024. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan observasi. Sebelum di ujicobakan, instrumen telah diujikan kelayakan dengan validitas isi yang dianalisis menggunakan bantuan program SPSS versi 25. Pengaruh berkebhinekaan global terhadap sikap nasionalisme dianalisis menggunakan uji regresi sederhana diperoleh untuk variabel pengaruh berkebhinekaan global thitung sebesar 6.006 dan ttabel 38 pada α 0,05 sebesar 1,685. Hal ini berarti bahwa hipotesis menunjukkan adanya Pengaruh Berkebhinekaan Global Terhadap Sikap Nasionalisme Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 2 Metro sebesar 48,7% dan 51,3% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain dari berkebhinekaan global, sehingga dapat dimaknai memiliki pengaruh yang cukup baik terhadap sikap nasionalisme. Variabel X memuat indikator yaitu mengenal dan menghargai budaya, kemampuan komunikasi interkultural dalam berinteraksi dengan sesama, dan refleksi dan tanggung jawab terhadap pengalaman kebhinekaan. Variabel Y memuat indikator sikap cinta tanah air, bangga berbangsa Indonesia, dan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan. Semakin tinggi pengaruh peserta didik terhadap berkebhinekaan global, semakin tinggi pula sikap nasionalisme yang ditunjukkan. Pendidikan berkebhinekaan global harus menjadi bagian integral dari kurikulum. Pengaruh berkebhinekaan global terhadap sikap nasionalisme menunjukkan bahwa peserta didik mampu memahami dan menunjukkan sikap empati dan toleransi dalam keberagaman. Kata kunci: Berkebhinekaan Global, Sikap, Nasionalisme, Peserta Didik, Keberagaman This research aims to determine the influence of global diversity on attitudes of nationalism in class VII students at SMP Negeri 2 Metro. The research method used in this research is a descriptive method with a quantitative approach. This research involves being used to understand the concepts of global diversity and nationalism. The subjects in this research were class VII students at SMP Negeri 2 Metro for the 2023/2024 academic year. The sample in this study consisted of 40 respondents. Data collection techniques use questionnaires, interviews and observation. Before being tested, the instrument was tested for suitability with content validity which was analyzed using the SPSS version 25 program. The influence of global diversity on attitudes towards nationalism was analyzed using a simple regression test. For the variable the influence of global diversity tcount was 6.006 and ttable 38 at α 0.05. amounting to 1,685. This means that the hypothesis shows that there is an influence of global diversity on the nationalistic attitudes of class VII students at SMP Negeri 2 Metro amounting to 48.7% and the remaining 51.3% is influenced by other factors of global diversity, so it can be interpreted as having a fairly good influence on nationalist attitude. Variable Variable Y contains indicators of love for the country, pride in being Indonesian, and upholding human values. The higher students' understanding of global diversity, the higher the attitude of nationalism shown. Global diversity education must be an integral part of the curriculum. The influence of global diversity on attitudes of nationalism shows that students are able to understand and show attitudes of empathy and tolerance in diversity. Keywords: Global Diversity, Attitudes, of Nationalism, Students, Diversity

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi PPKN
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 20 Feb 2025 09:58
Terakhir diubah: 20 Feb 2025 09:58
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/84780

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir