Miftahul, Jannah (2024) PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) BERBANTUAN KARTU PERMAINAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Ajaran 2023/2024). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
abstrak - Miftahul jannah.pdf Download (174Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
skripsi full - Miftahul jannah.pdf Restricted to Hanya staf Download (1032Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
skripsi full tanpa bab pembahasan - Miftahul jannah.pdf Download (1115Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia berbantuan kartu permainan terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Bandar Lampung tahun pelajaran 2023/2024 yang terdistribusi ke dalam sepuluh kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A dan kelas VIII-H masing-masing sebanyak 28 dan 30 siswa yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, sedangkan instrumen yang digunakan berupa tes pemahaman konsep yang terdiri dari 4 soal uraian. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Hasil uji Mann-Whitney U menunjukkan bahwa median data gain pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia berbantuan kartu permainan lebih besar dibanding siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan demikian, pembelajaran dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia berbantuan kartu permainan berpengaruh terhadap peningkatan pemahaman konsep matematis siswa. Kata kunci: kartu permainan, pemahaman konsep matematis, Pendidikan Matematika Realistik Indonesia, peningkatan
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Matematika |
Pengguna Deposit: | UPT . Siswanti |
Date Deposited: | 21 Feb 2025 07:25 |
Terakhir diubah: | 21 Feb 2025 07:25 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/84908 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |