“FAKTOR YANG MEMENGARUHI SELF-REGULATION PADA SISWA YANG MELANGGAR TATA TERTIB SEKOLAH DI SMA NEGERI 1 BANDAR SRIBHAWONO KELAS XI TAHUN PELAJARAN 2023/2024”

SATRIA HADI, SUSENO (2024) “FAKTOR YANG MEMENGARUHI SELF-REGULATION PADA SISWA YANG MELANGGAR TATA TERTIB SEKOLAH DI SMA NEGERI 1 BANDAR SRIBHAWONO KELAS XI TAHUN PELAJARAN 2023/2024”. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1050Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (969Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya disiplin dan siswa belum mampu mengatur tindakannya dalam hal melakukan pelanggaran tata tertib sekolah yakni terlambat dan membolos. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui self-regulation pada siswa yang melanggar tata tertib sekolah. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan studi observasi, dokumentasi, dan wawancara terstruktur. Data diambil dari 5 siswa yang terdiri dari 1 siswa perempuan dan 4 siswa laki-laki yang memiliki predikat melanggar tata tertib di atas rata-rata siswa lainnya. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan analisis data dibantu menggunakan software ATLAS.ti 9. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat 5 faktor yang memengaruhi self-regulation pada siswa yang melanggar tata tertib di sekolah, sedangkan faktor melanggar tata tertib sekolah terdapat 6 faktor yang memengaruhinya. Faktor yang memengaruhi selfregulation pada siswa yang melanggar tata tertib didominasi oleh faktor eksternal, yaitu dukungan sosial, diikuti motivasi internal, kemudian observasi diri, lalu penilaian perilaku, dan terakhir kontrol diri. Pada, faktor yang memengaruhi siswa melanggar tata tertib didominasi oleh faktor eksternal yakni, faktor lingkungan pertemanan sebanyak, diikuti hubungan dengan orangtua, kemudian motivasi belaja, kesempatan yang mendukung, pilihan rasional, serta situasional. Kata Kunci: pelanggaran tata tertib, sekolah, siswa, self-regulation

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 100 Filsafat dan psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa)
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Pengguna Deposit: 2308922805 . Digilib
Date Deposited: 21 Feb 2025 10:50
Terakhir diubah: 21 Feb 2025 10:50
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/84963

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir