, WURYANTINI (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENEMUKAN GAGASAN UTAMA WACANA DENGAN TEKNIK DISKUSI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 BULUREJO KECAMATAN GADINGREJO TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Fakultas KIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
Cover.pdf - Published Version Download (21Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Abstrak.pdf - Published Version Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Mengesahkan.pdf - Published Version Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Mengetahui.pdf - Published Version Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pengesahan.pdf - Published Version Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Isi.pdf - Published Version Download (24Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (104Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (242Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (255Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (260Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Lampiran.pdf - Published Version Download (771Kb) | Preview |
|
Archive
PDF.zip - Published Version Download (34Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah penelitian ini adalah bagaimanakah meningkatkan kemampuan menemukan gagasan utama wacana dengan menggunakan teknik diskusi pada siswa kels V SD Negeri 2 Bulurejo Kecamatan Gadingrejo Tahun Pelajaran 2011/2012. Berdasarkan masalah tersebut, peneliti ingin meningkatkan kemampuan siswa menemukan gagasan utama wacana dengan cepat dan tepat. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak tiga siklus, setiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Aspek yang diamati pada tiap siklus adalah aktivitas siswa dan guru, serta proses pembelajaran menemukan gagasan utama wacana dengan teknik diskusi. Sebelum dilakukan penelitian tindakan kelas, kemampuan siswa menemukan gagasan utama wacana masih rendah atau belum mencapai KKM yang ditentukan, yaitu 62,00. Berdasarkan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran menemukan gagasan utama wacana dengan menggunakan teknik diskusi pada siswa kelas V SD Negeri 2 Bulurejo Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu TP 2011/2012, dengan subjek penelitian berjumlah 28 siswa yang terdiri atas 11 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Pada siklus I, nilai rata-rata siswa 54,28 dengan persentase ketuntasan 21,42%, siswa yang mencapai KKM 6 siswa dan yang tidak mencapai KKM 22 siswa. Pada siklus II, nilai rata-rata siswa 66,25 dengan persentase ketuntasan 60,69%, siswa yang mencapai KKM 17 siswa dan yang tidak mencapai KKM 11 siswa. Pada siklus III, nilai rata-rata siswa 76,07 dengan persentase ketuntasan 89,25%, siswa yang mencapai KKM 25 siswa dan yang tidak mencapai KKM 3 siswa. Dari ketiga siklus yang diterapkan, terjadi peningkatan kemampuan siswa menemukan tema wacana. Peningkatan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II 11,97, peningkatan persentasenya 39,27%, dan peningkatan jumlah siswa yang mencapai KKM 11 siswa. Peningkatan nilai rata-rata dari siklus II ke siklus III 9,82, peningkatan persentasenya 28,56%, dan peningkatan jumlah siswa yang mencapai KKM 8 siswa. Berdasarkan indikator keberhasilan pada siklus III, bahwa teknik diskusi yang diterapkan dapat meningkatkan kemampuan menemukan gagasan utama wacana pada siswa kelas V SD Negeri 2 Bulurejo Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > BF Psychology > > BF Psychology > L Education (General) = Pendidikan > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 30 Jan 2014 07:23 |
Terakhir diubah: | 30 Jan 2014 07:23 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/851 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |