HUSNUL , HOTIMAH (2024) EJAAN PADA TAKARIR FEEDS INSTAGRAM TRIBUN LAMPUNG EDISI JANUARI 2024 DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERISTAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - Husnul Hotimah.pdf Download (304Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
2. SKRIPSI FULL-1 - Husnul Hotimah.pdf Restricted to Hanya staf Download (2070Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMABAHASAN-1 - Husnul Hotimah.pdf Download (1959Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan ejaan bahasa Indonesia pada takarir feeds Instagram Tribun Lampung edisi Januari 2024 dan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dalam menganalisis ejaan pada takarir feeds Instagram Tribun Lampung edisi Januari 2024. Sumber data dalam penelitian ini adalah takarir feeds Instagram Tribun Lampung edisi Januari 2024 dan datanya ialah huruf, kata, dan tanda baca pada takarir feeds Instagram Tribun Lampung edisi Januari 2024. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik studi dokumentasi. Teknik analisis data interaktif Miles dan Huberman dipilih oleh peneliti dalam menganalisis data penelitian. Instrumen pada penelitian ini adalah human instrument (peneliti sendiri) dan indikator penelitian dalam ejaan bahasa Indonesia. Ejaan yang Disempurnakan (EYD) edisi V tahun 2022 dijadikan sebagai pedoman dalam mengetahui ketepatan dan ketidaktepatan ejaan yang terdapat pada takarir feeds Instagram Tribun Lampung edisi Januari 2024. Berdasarkan hasil penelitian pada takarir feeds Instagram Tribun Lampung edisi Januari 2024 terdapat 331 data, yaitu (1) 91 ketidaktepatan dalam penggunaan huruf; (2) 34 ketidaktepatan dalam penulisan kata; dan (3) 206 ketidaktepatan dalam penggunaan tanda baca. Ejaan pada takarir feeds Instagram Tribun Lampung edisi Januari 2024 ini dapat diimplikasikan sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia, kemudian untuk meningkatkan kemampuan berbahasa peserta didik dan untuk memenuhi Capaian Pembelajaran (CP) Elemen Menulis maka peneliti membuat perangkat ajar berbentuk Modul Ajar Fase D atau pada kelas VII SMP di semester genap Kurikulum Merdeka materi “Menulis Teks Berita”. Kata Kunci: Ejaan, Takarir, Instagram Tribun Lampung, Berita, Pembelajaran
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 400 Bahasa |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia |
Pengguna Deposit: | UPT . Desi Zulfi Melasari |
Date Deposited: | 27 Feb 2025 08:50 |
Terakhir diubah: | 27 Feb 2025 08:50 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/85161 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |