PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS SOCIO-SCIENTIFIC ISSUE (SSI) BERBANTU FLIPBOOK TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS VII

NAURA , AYA TSABITA (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS SOCIO-SCIENTIFIC ISSUE (SSI) BERBANTU FLIPBOOK TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS VII. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak Naura Aya Tsabita - naura aya tsabita.pdf

Download (160Kb) | Preview
[img] File PDF
Skripsi full_Naura Aya Tsabita - naura aya tsabita.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1050Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Skripsi tanpa pembahasan_Naura Aya Tsabita - naura aya tsabita.pdf

Download (1097Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PBL berbasis SSI berbantu flipbook terhadap kemampuan literasi sains peserta didik kelas VII di SMPN 43 Bandar Lampung pada materi perubahan iklim semester genap tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan desain Pretest- Posttest Non- equivalent control Grup Design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang dipilih dengan teknik purposive sampling dan diperoleh kelas VII 3 sebanyak 30 peserta didik sebagai kelas kontrol dan kelas VII 4 sebanyak 31 peserta didik sebagai kelas eksperimen. Jenis data yang diukur dalam penelitian ini yaitu data kuantitatif berupa instrument tes dan kualitatif yaitu berupa angket. Hasil penelitian menunjukkan nilai N-gain di kelas eksperimen yaitu sebesar 0,583 yang berada pada kriteria “sedang”. Uji hipotesis menggunakan Mann Whitney-U. Hasil uji Mann Whitney-U menunjukkan nilai sig. (2-tailed) 0,00 < 0,05. Sehingga diperoleh hasil uji bahwa H1 diterima dan H0 ditolak. Serta hasil uji effect size yaitu sebesar 6,806 dengan kriteria “besar”. Berdasarkan perolehan hasil angket tanggapan peserta didik memperoleh rata - rata presentase 86,38% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model PBL berbasis SSI berbantu flipbook terhadap kemampuan literasi sains peserta didik kelas VII. Kata Kunci: flipbook, literasi sains, problem based learning berbasis socioscientific issue

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 03 Mar 2025 02:54
Terakhir diubah: 03 Mar 2025 02:54
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/85255

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir