FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN SISWA KELAS XI JURUSAN AKUNTANSI KEUANGAN SMK 1 SWADHIPA NATAR LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Dwi Suciati, 0743031007 (2012) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN SISWA KELAS XI JURUSAN AKUNTANSI KEUANGAN SMK 1 SWADHIPA NATAR LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
abstrak.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover dalam.pdf

Download (92Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover.pdf

Download (477Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar gambar.pdf

Download (50Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar isi.pdf

Download (80Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar lampiran.pdf

Download (54Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar tabel.pdf

Download (59Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pengesahan.pdf

Download (56Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
moto.pdf

Download (51Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pernyataan.pdf

Download (56Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
persembahn.pdf

Download (49Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
persetujuan.pdf

Download (176Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
riwayat hidup.pdf

Download (112Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
sanwacana.pdf

Download (95Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab i.pdf

Download (123Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab iii.pdf

Download (209Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab ii.pdf

Download (173Kb) | Preview
[img] File PDF
bab iv.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (297Kb)
[img]
Preview
File PDF
bab v.pdf

Download (73Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar pustaka.pdf

Download (77Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Prestasi belajar merupakan kemampuan yang diperoleh siswa setelah melalui kegiatan belajar dan prestasi belajar dapat dikatakan sebagai output dari suatu input. Prestasi belajar yang tinggi menggambarkan keberhasilan dari proses pembelajaran, begitu juga sebaliknya. Berdasarkan penelitian pendahuluan yang dilakukan di SMK 1 Swadhipa Natar menunjukkan bahwa prestasi belajar akuntansi keuangan siswa kelas XI jurusan Akuntansi Keuangan tergolong rendah. Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi kegiatan pembelajaran, baik faktor intern maupun faktor ekstern. Oleh karena itu, penelitian ini akan membahas beberapa faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa yaitu, minat belajar, aktivitas belajar dan ketersediaan sarana belajar di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara minat belajar, aktivitas belajar dan ketersediaan sarana belajar di sekolah terhadap prestasi belajar akuntansi keuangan siswa kelas XI semester genap SMK 1 Swadhipa Natar Lampung Selatan tahun Pelajaran 2010/ 2011. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK 1 Swadhipa Natar Lampung Selatan semester genap tahun pelajaran 2010/ 2011 sebanyak 198 siswa, dengan jumlah sampel yang diambil 132 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh antara minat belajar, aktivitas belajar dan ketersediaan sarana belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi keuangan siswa kelas XI SMK 1 Swadhipa Natar Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2010/ 2011. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi (R) = iii 0,656 dan koefisien determinasi (R 2 ) = 0,430, yang berarti prestasi belajar akuntnasi keuangan siwa dipengaruhi oleh minat belajar, aktivitas dan ketersediaan sarana belajar sebesar 43%, sisanya dipengaruhi faktor lain yang tidak ada dalam model. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara minat belajar terhadap prestasi belajar akuntansi keuangan siswa kelas XI SMK 1 Swadhipa Natar Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2010/2011. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi (R) = 0,526 dan koefisien determinasi (R 2 ) = 0,276, yang berarti bahwa minat belajar mempengaruhi prestasi belajar akuntansi keuangan sebesar 27,6%, sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara aktivitas belajar terhadap prestasi belajar akuntansi keuangan siswa kelas XI SMK 1 Swadhipa Natar Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2010/2011. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi (R) = 0,360 dan koefisien determinasi (R 2 ) = 0,129, yang berarti bahwa aktivitas belajar mempengaruhi prestasi belajar akuntansi keuangan sebesar 12,9%, sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara ketersediaan sarana belajar terhadap prestasi belajar akuntansi keuangan siswa kelas XI SMK 1 Swadhipa Natar Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2010/2011. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi (R) = 0,345 dan koefisien determinasi (R 2 ) = 0,119, yang berarti bahwa ketersediaan sarana belajar mempengaruhi prestasi belajar akuntansi keuangan 11,9%, sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara minat belajar, aktivitas belajar dan ketersediaan sarana belajar terhadap prestasi belajar akuntansi keuangan siswa kelas XI SMK 1 Swadhipa Natar Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2010/2011. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi (R) = 0,656 dan koefisien determinasi (R 2 ) = 0,430, yang berarti prestasi belajar akuntnasi keuangan siwa dipengaruhi oleh minat belajar, aktivitas dan ketersediaan sarana belajar sebesar 43%, sisanya dipengaruhi faktor lain yang tidak ada dalam model.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: UPT . Meda Sulistiana
Date Deposited: 21 Apr 2015 02:21
Terakhir diubah: 21 Apr 2015 02:21
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/8577

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir