1013101002, Susanto (2012) PRENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA FISIKA (PTK di Kelas VII 2 SMPN 1 Kedondong Tahun Pelajaran 2011/2012). UNSPECIFIED.
|
File PDF
abstrak.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover dalam.pdf Download (28Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover.pdf Download (24Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar gambar.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar isi.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar tabel.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
halaman persembahan.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pernyataan skripsi.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
riwayat hidup.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
sanwacana.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persetujuan.pdf Download (74Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pengesahan.pdf Download (58Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab1.pdf Download (22Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab2.pdf Download (44Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab3.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
File PDF
bab4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (193Kb) |
||
|
File PDF
bab5.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar pustaka.pdf Download (16Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Rendahnya hasil belajar fisika siswa kelas VII SMPN 1 Kedondong disebabkan oleh kurangnya minat belajar siswa. Pembelajaran yang monoton atau yang hanya menggunakan metode ceramah di kelas, siswa tidak dilibatkan secara aktif dalam kegiatan pembelajaran membuat siswa kurang menyukai pelajaran fisika. Dengan diterapkannya model pembelajaran berbasis masalah dapat memberikan pengalaman bagi siswa agar dapat benar-benar memahami materi yang diberikan karena siswa benar-benar mengalami proses belajar melalui tahapan pembelajaran berbasis masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan cara meningkatkan aktivitas belajar fisika siswa, dan mengetahui peningkatan hasil belajar fisika siswa kelas VII 2 SMPN 1 Kedondong Tahun Pelajaran 2011/2012. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diketahui bahwa aktivitas belajar siswa dapat ditingkatkan menggunakan pembelajaran berbasis masalah dengan cara memberi kesempatan kepada siswa melalui eksperimen dan mempresentasikan hasil eksperimen, dan guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan Susanto berkaitan dengan topik pembelajaran yang disampaikan untuk meningkatakan hasil belajar. Guru menyampaikan langkah-langkah pembelajaran berbasis masalah. Pada saat siswa mengerjakan LKK guru selalu membimbing siswa dalam merumuskan masalah, menelaah masaalah, dan merumuskan hipotesis. Kemudian guru meminta siswa untuk mengumpulkan dan mengelompokkan data. Melalui data tersebut siswa dapat membuktikan hipotesis dan siswa menentukan penyelesaian atas permasalahan yang diberikan. Kemudian siswa menyimpulkan hasil pengamatannya dan mempresentasikannya di depan kelas. Kata Kunci: Aktivitas, hasil belajar, pembelajaran berbasis masalah.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | UPT . Meda Sulistiana |
Date Deposited: | 21 Apr 2015 07:54 |
Terakhir diubah: | 19 Oct 2015 04:24 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/8616 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |