PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN IPAS BERBASIS STEM-SRSD UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN NUMERASI DAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR

NURHAYATI, - (2025) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN IPAS BERBASIS STEM-SRSD UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN NUMERASI DAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (185Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (5Mb)
[img]
Preview
File PDF
Tesis Tanpa BAB Pembahasan.pdf

Download (3627Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan efektivitas model pembelajaran IPAS berbasis STEM-SRSD untuk meningkatkan keterampilan numerasi dan berpikir kritis siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan campuran (mixed method) dengan desain penelitian embedded experimental model. Penelitian campuran merupakan metode penelitian yang mengkombinasikan antara penelitian kualitatif dengan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian pengembangan ini mengacu pada prosedur pengembangan 4D (four-D). Model penelitian dan pengembangan model 4D terdiri atas 4 tahapan, yaitu; define, design, develop, dan disseminate yang dikembangkan oleh Thiagarajan (1974). Teknik analisis data menggunakan analisis persentase terhadap skor validitas dan kepraktisan, serta analisis untuk efektivitas. Hasil analisis data menujukkan model pembelajaran GREAT valid untuk meningkatkan keterampilan numerasi dan berpikir kritis siswa Sekolah Dasar. Validitas model pembelajaran GREAT dari ketiga validator diperoleh nilai hasil akhir 78,85% dengan keputusan valid dan kriteria tinggi/baik. Kepraktisan model pembelajaran GREAT memperoleh rata-rata persentase skor 95,79% dengan kriteria sangat praktis. Efektivitas model pembelajaran GREAT memperoleh N-Gain 0,59 termasuk dalam kriteria sedang atau efektif. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: 1) model pembelajaran GREAT dinyatakan valid untuk meningkatkan keterampilan numerasi dan berpikir kritis siswa Sekolah Dasar. 2) model pembelajaran GREAT dinyatakan praktis untuk meningkatkan keterampilan numerasi dan berpikir kritis siswa Sekolah Dasar. 3) model pembelajaran GREAT dinyatakan efektif untuk meningkatkan keterampilan numerasi dan berpikir kritis siswa Sekolah Dasar. Kata Kunci: Model Pembelajaran GREAT, IPAS, Keterampilan Numerasi, Berpikir Kritis.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan Guru SD
Pengguna Deposit: 2308158683 . Digilib
Date Deposited: 21 Apr 2025 05:58
Terakhir diubah: 21 Apr 2025 05:58
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/86344

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir