DWI , PUSPITA SARI (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF POWERPOINT BERBANTUAN ISPRING SUITE 10 YANG VALID DAN LAYAK PADA MATERI AKUNTANSI SEBAGAI SISTEM INFORMASI UNTUK SISWA KELAS XII SMA N 14 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2023/2024. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT - DWI PUSPITA SARI.pdf Download (165Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
2. SKRIPSI FULL -DWI PUSPITA SARI.pdf Restricted to Hanya staf Download (5Mb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - DWI PUSPITA SARI.pdf Download (4Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Pengembangan media pembelajaran interaktif powerpoint berbantuan iSpring suite 10 untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dilatarbelakangi rendahnya ketertarikan belajar peserta didik akibat kurang variatifnya media pembelajaran yang digunakan, sehingga peserta didik mengalami kesulitan memahami materi pembelajaran, terkhusus materi Akuntansi sebagai Sistem Informasi. Oleh karena itu, dibutuhkan media belajar yang menarik berupa media pembelajaran interaktif powerpoint berformat html5 dengan hyperlink, sehingga peserta didik tertarik belajar secara aktif dalam meningkatkan pemahamannya saat proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif powerpoint berbantuan iSpring suite 10 pada materi Akuntansi sebagai Sistem Informasi untuk meningkatkan ketertarikan dan hasil belajar peserta didik kelas XII IPS SMA N 14 Bandar Lampung. Subjek uji coba dalam penelitian pengembangan ini adalah dosen ahli, praktisi, dan peserta didik kelas XII IPS SMA N 14 Bandar Lampung. Analisis data dalam penelitian menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Penelitian ini menerapkan metode R&D dengan desain ADDIE. Hasil penelitian menujukkan bahwa media pembelajaran interaktif powerpoint berbantuan iSpring suite 10 setelah diuji kelayakan validasi ahli dan praktisi menujukkan penilaian dengan persentase skor total 85%, penilaian peserta didik pada uji satu-satu dan kelompok kecil menujukkan persentase 89% dan 91%, yakni sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran interaktif powerpoint berbantuan iSpring suite 10 efektif meningkatkan hasil belajar. Keefektifan media diuji t-test dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh nilai signifikansi 0,000 < ɑ (0,05) yang berarti penggunaan media pembelajaran interaktif powerpoint berbantuan iSpring suite 10 pada materi Akuntansi sebagai Sistem Informasi efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata kunci: Hasil belajar, ketertarikan/minat belajar, kevalidan dan kelayakan media pembelajaran interaktif, powerpoint berbantuan iSpring suite 10.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Ekonomi IPS |
Pengguna Deposit: | UPT . Siswanti |
Date Deposited: | 08 May 2025 05:02 |
Terakhir diubah: | 08 May 2025 05:02 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/86827 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |