PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS VII PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

Elvira , Sesie Ibirilia (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS VII PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK_ELVIRA SESIE IBIRILIA - Elvira Sesie.pdf

Download (324Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FUL_ELVIRA SESIE IBIRILIA - Elvira Sesie.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1649Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TANPA PEMBAHASAN_ELVIRA SESIE IBIRILIA - Elvira Sesie.pdf

Download (1375Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model problem based learning berbantuan video terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VII pada materi pencemaran lingkungan. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII U2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII U3 sebagai kelas kontrol. Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling. Desain penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperiment dengan bentuk desain non-equivalent control group design. Jenis data pada penelitian ini berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Instrumen yang digunakan yaitu soal pre-test dan post-test serta angket tanggapan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai N-gain kelas eksperimen mencapai 0,73 dengan kategori tinggi dan kelas kontrol mencapai 0,61 dengan kategori sedang. Hasil rerata nilai pre-test, post-test dan N-gain kemampuan berpikir kritis diuji menggunakan uji Independent Sample t-Test mendapatkan nilai sig. (2-tailed) 0,00 < 0,05, sehingga H1 diterima dan H0 ditolak, hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model PBL berbantuan video terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi pencemaran lingkungan. Pada kelas eksperimen indikator kemampuan berpikir kritis membangun keterampilan dasar memperoleh rata – rata N-gain paling tinggi yaitu 0,82 dengan kategori sangat baik. Sedangkan hasil angket tanggapan peserta didik terhadap penggunaan model PBL berbantuan video menunjukkan respon yang positif dari peserta didik dengan rata – rata nilai 89,67% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model PBL berbantuan video terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VII pada materi pencemaran lingkungan. Kata Kunci : kemampuan berpikir kritis, PBL, pencemaran lingkungan, dan video

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: UPT . Siswanti
Date Deposited: 16 May 2025 08:24
Terakhir diubah: 16 May 2025 08:24
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87182

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir