MARIA , FLORENTINA SIHITE (2025) PENGARUH KONTROL DIRI TERHADAP KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 5 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK (4).pdf Download (74Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI FULL (8).pdf Restricted to Hanya staf Download (2433Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN (5).pdf Download (2010Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Kedisiplinan Peserta didik merupakan aspek penting dalam keberhasilan proses pendidikan di sekolah. Di sisi lain, masih terdapat sejumlah peserta didik yang kurang disiplin dalam menaati peraturan, seperti datang terlambat ke kelas, tidak mengerjakan tugas, serta melakukan pelanggaran terhadap tata tertib sekolah. Salah satu faktor yang diduga berkontribusi terhadap rendahnya kedisiplinan tersebut adalah kontrol diri. Kontrol diri berperan penting dalam membantu individu mengendalikan perilaku agar tetap selaras dengan norma dan aturan yang berlaku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kontrol diri terhadap kedisiplinan peserta didik di SMA Negeri 5 Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI yang berjumlah 359 peserta didik SMA Negeri 5 Bandar Lampung tahun ajaran 2024/2025, dengan sampel berjumlah 78 responden yang diambil menggunakan teknik probability sampling dengan subteknik random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui angket dan dianalisis menggunakan uji regresi linier sederhana dengan bantuan perangkat lunak SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kontrol diri terhadap kedisiplinan peserta didik, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang lebih kecil dari probabilitas 0,05, maka hipotesis Ho ditolak. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa kontrol diri memberikan pengaruh sebesar 41% terhadap kedisiplinan peserta didik, sedangkan 59% lainnya dipengaruhi oleh faktor eksternal seperti lingkungan keluarga, Pola asuh orang tua, lingkungan sekolah, dan teman sebaya. Kata kunci: Kontrol Diri, Kedisiplinan, Peserta Didik, Lingkungan Sekolah, Kepatuhan
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) |
Pengguna Deposit: | 2308302769 . Digilib |
Date Deposited: | 21 May 2025 02:45 |
Terakhir diubah: | 21 May 2025 02:49 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87189 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |