PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERINTEGRASI STEM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KOLABORASI SISWA KELAS VIII PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA

SILMI , YANI (2024) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERINTEGRASI STEM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KOLABORASI SISWA KELAS VIII PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - silmiy Yani.pdf

Download (80Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI TANPA LAMPIRAN 1 - silmiy Yani.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1173Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN - silmi Yani.pdf

Download (965Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PjBL terintegrasi STEM terhadap kemampuan berpikir kreatif dan kolaborasi serta hubungan antara kemampuan berpikir kreatif dengan kolaborasi siswa kelas VIII pada materi sistem pernapasan manusia. Jenis penelitian yang digunakan ialah nonequivalent control group desain. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang dipilih menggunakan purposive sampling. Kelas eksperimen menggunakan model PjBL terintegrasi STEM dan kelas kontrol menggunakan model discovey learning. Data kemampuan berpikir kreatif diperoleh dari pretest-posttest dan kemampuan kolaborasi diperoleh dari hasil lembar observasi yang dianalisis menggunakan uji mann-withney test. Data tanggapan peserta didik tentang model PjBL terintegrasi STEM dikumpulkan menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model PjBL terintegrasi STEM terhadap kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan kolaborasi siswa, dengan nilai sig.(2 tailed) < 0,05. Hasil rata-rata kolaborasi pada kelas eksperimen sebesar 90,4 dengan kriteria “sangat baik” sedangkan pada kelas kontrol sebesar 65,3 dengan kriteria “cukup”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji korelasi sebesar sig. > 0,05 sehingga tidak terdapat hubungan signifikan antara kemampuan berpikir kreatif dengan kolaborasi. Hasil angket tanggapan siswa sebesar 86% dengan kategori sangat baik. Kata Kunci: Berpikir Kreatif, Kolaborasi, PjBL-STEM, Sistem Pernapasan Manusia

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 19 May 2025 03:08
Terakhir diubah: 19 May 2025 03:08
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87226

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir