KHUSNUL , KHOTIMAH (2025) PENGARUH KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR GURU TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR GUGUS BUDI UTOMO KECAMATAN METRO SELATAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf Download (54Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2153Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1937Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V Sekolah Dasar Gugus Budi Utomo Kecamatan Metro Selatan. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan dan menganalisis adanya pengaruh keterampilan dasar mengajar guru terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik dan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik antara kelas yang menerapkan seluruh keterampilan dasar mengajar guru dengan yang hanya menerapkan sebagian keterampilan dasar mengajar guru. Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu nonequivalent control group desain. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 80 peserta didik. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan non probability sampling dengan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknis tes berupa soal essay. Teknik analisis data menggunakan uji regresi sederhana dan uji t-tes. Hasil uji regresi sederhana menunjukkan bahwa Fhitung lebih besar dari Ftabel dan hasil uji t menunjukan thitung lebih besar dari ttabel. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh keterampilan dasar mengajar guru terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V Sekolah Dasar Gugus Budi Utomo Kecamatan Metro Selatan dan terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik antara kelas yang menerapkan seluruh keterampilan dasar mengajar guru dengan yang hanya menerapkan sebagian keterampilan dasar mengajar guru. Kata kunci: Kemampuan berpikir kritis, Keterampilan dasar mengajar, Sekolah Dasar
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 2308802985 . Digilib |
Date Deposited: | 19 May 2025 07:18 |
Terakhir diubah: | 19 May 2025 07:18 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87265 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |