PENGARUH KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR GURU TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR GUGUS BUDI UTOMO KECAMATAN METRO SELATAN

KHUSNUL , KHOTIMAH (2025) PENGARUH KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR GURU TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR GUGUS BUDI UTOMO KECAMATAN METRO SELATAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (54Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2153Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1937Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V Sekolah Dasar Gugus Budi Utomo Kecamatan Metro Selatan. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan dan menganalisis adanya pengaruh keterampilan dasar mengajar guru terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik dan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik antara kelas yang menerapkan seluruh keterampilan dasar mengajar guru dengan yang hanya menerapkan sebagian keterampilan dasar mengajar guru. Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu nonequivalent control group desain. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 80 peserta didik. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan non probability sampling dengan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknis tes berupa soal essay. Teknik analisis data menggunakan uji regresi sederhana dan uji t-tes. Hasil uji regresi sederhana menunjukkan bahwa Fhitung lebih besar dari Ftabel dan hasil uji t menunjukan thitung lebih besar dari ttabel. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh keterampilan dasar mengajar guru terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V Sekolah Dasar Gugus Budi Utomo Kecamatan Metro Selatan dan terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik antara kelas yang menerapkan seluruh keterampilan dasar mengajar guru dengan yang hanya menerapkan sebagian keterampilan dasar mengajar guru. Kata kunci: Kemampuan berpikir kritis, Keterampilan dasar mengajar, Sekolah Dasar

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2308802985 . Digilib
Date Deposited: 19 May 2025 07:18
Terakhir diubah: 19 May 2025 07:18
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87265

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir