PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN STEM BERBASIS MEDIA POWTOON DAN POWERPOINT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPAS SEKOLAH DASAR

MAYA , MARISA (2025) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN STEM BERBASIS MEDIA POWTOON DAN POWERPOINT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPAS SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2215Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2014Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV SD Negeri 8 Metro Timur. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) pengaruh pendekatan STEM berbasis media powtoon, (2) pengaruh pendekatan STEM berbasis media powerpoint, (3) perbedaan antara pengaruh pendekatan STEM berbasis media powtoon dan powerpoint terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran IPAS Kelas IV Sekolah Dasar. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain quasi experimental design. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SD Negeri 8 Metro Timur dengan jumlah 57 orang peserta didik. Penentuan sampel menggunakan teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa soal uraian. Teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian adalah (1) terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan pendekatan STEM berbasis media powtoon dengan nilai signifikansi (2-tailed) 0,000 < 0,05, (2) terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan pendekatan STEM berbasis media powerpoint dengan nilai signifikansi (2-tailed) 0,000 < 0,05, (3) terdapat perbedaan pengaruh antara pendekatan STEM berbasis media powtoon dengan pendekatan STEM berbasis media powerpoint terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran IPAS Kelas IV SD Negeri 8 Metro Timur dengan nilai signifikansi 0,038 < 0,05. Penerapan pendekatan STEM berbasis media powerpoint lebih unggul dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dibandingkan media powtoon. Kata Kunci: pendekatan stem, powtoon, powerpoint, berpikir kritis

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2308148507 . Digilib
Date Deposited: 22 May 2025 03:33
Terakhir diubah: 22 May 2025 03:33
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87371

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir