HUBUNGAN ANTARA RESILIENSI DENGAN STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA YANG SEDANG MENYELESAIKAN SKRIPSI DI PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS LAMPUNG

Raka , Arya Ramadhan (2024) HUBUNGAN ANTARA RESILIENSI DENGAN STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA YANG SEDANG MENYELESAIKAN SKRIPSI DI PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Raka Arya Ramadhan.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL - Raka Arya Ramadhan.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1063Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Raka Arya Ramadhan.pdf

Download (954Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah penelitian ini adalah tingginya stres akademik pada mahasiswa yang sedang menyelesaikan skripsi. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui adanya hubungan antara resiliensi dengan stres akademik pada mahasiswa yang sedang menyelesaikan skripsi. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional. Sampel penelitian ini sebanyak 100 mahasiswa program studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dengan menggunakan Teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala resiliensi dan stres akademik. Teknik analisis data menggunakan korelasi Pearson Product Moment dengan hasil hasil uji korelasi nilai r hitung lebih besar dari r tabel (-0,369 > 0,196) dan nilai signifikansi sebesar 0,05. Maka ditemukan bahwa terdapat hubungan negatif antara variabel resiliensi dengan stres akademik. Hal ini menunjukkan jika resiliensi tinggi maka stres akademik rendah. Sebaliknya jika resiliensi rendah maka stres akademik rendah. Kata kunci: skripsi, resiliensi, stres akademik. The problem of this research is the high level of academic stress among students who are completing their thesis. The aim of this research is to determine the relationship between resilience and academic stress in students who are completing their thesis. This research method uses quantitative correlational methods. The sample for this research was 100 students from the Guidance and Counseling study program at the Teacher Training Faculty using the Purposive Sampling Technique. The data collection technique uses a resilience and academic stress scale. The data analysis technique uses Pearson Product Moment correlation with the results of the correlation test, the calculated r value is greater than the r table (-0.369 > 0.196) and a significance value of 0.05. So it was found that there was a negative relationship between the resilience variable and academic stress. This shows that if resilience is high then academic stress is low. Conversely, if resilience is low then academic stress is low. Keywords: thesis, resilience, academic stress

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Bimbingan dan Konseling
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 21 May 2025 01:59
Terakhir diubah: 21 May 2025 01:59
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87392

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir