PENGARUH MODEL PROJECT-BASED LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR

Laela, Nur Vazriyah (2025) PENGARUH MODEL PROJECT-BASED LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (35Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1250Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1093Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Minat belajar dan hasil belajar merupakan dua aspek yang saling terkait dan memiliki peran penting dalam proses pembelajaran. Minat belajar dapat mendorong peserta didik untuk lebih aktif dan bersemangat dalam mengikuti pelajaran, sementara hasil belajar menjadi indikator keberhasilan proses pembelajaran itu sendiri. Masalah pada penelitian ini adalah rendahnya minat belajar dan hasil belajar IPAS peserta didik kelas V SD Negeri 8 Metro Timur. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) pengaruh model project based learning terhadap minat belajar dan hasil belajar IPAS peserta didik kelas V sekolah dasar, (2) perbedaan antara pengaruh model project based learning dan model problem based learning terhadap minat belajar dan hasil belajar IPAS peserta didik kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 56 peserta didik. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik non probability sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Hasil penelitian (1) terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model project based learning terhadap minat belajar dan hasil belajar IPAS peserta didik kelas V sekolah dasar, (2) terdapat perbedaan pengaruh antara model project based learning dengan model problem based learning terhadap minat belajar dan hasil belajar IPAS peserta didik kelas V sekolah dasar. Kata kunci: hasil belajar, minat belajar, project based learning

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2308815534 . Digilib
Date Deposited: 02 Jun 2025 02:43
Terakhir diubah: 02 Jun 2025 02:43
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87840

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir