PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTUAN WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 2 BERINGIN RAYA

Zahra Dika, Ramadhona (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTUAN WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 2 BERINGIN RAYA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (270Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2495Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2072Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Model dan media pembelajaran yang digunakan oleh pendidik memiliki dampak bagi hasil belajar peserta didik. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPAS peserta didik kelas IV SD Negeri 2 Beringin Raya dengan berbagai faktor salah satunya pada penerapan model dan media pembelajaran yang kurang optimal. Tujuan dilaksanakannya penelitian untuk menganalisis pengaruh dan perbedaan model pembelajaran make a match berbantuan wordwall dan poweroint terhadap hasil belajar IPAS peserta didik. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi experimen design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 2 Beringin Raya dengan jumlah 60 peserta didik. Sampel yang digunakan berjumlah 60 peserta didik dengan pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dan pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Analisis data menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh signifikan penerapan model pembelajaran make a match berbantuan wordwall terhadap hasil belajar IPAS peserta didik dengan nilai thitung= 9,978, sehingga thitung 9,978 > ttabel 2,021 Ha diterima dan Ho ditolak. (2) terdapat pengaruh signifikan penerapan model pembelajaran make a match berbantuan powerpoint terhadap hasil belajar IPAS peserta didik dengan nilai thitung=7,639, sehingga thitung 7,639> ttabel 2,021 Ha diterima dan Ho ditolak. (3) terdapat perbedaan pengaruh penerapan model pembelajaran make a match berbantuan wordwall dengan berbantuan powerpoint terhadap hasil belajar IPAS peserta didik dengan nilai thitung=2,560, sehingga thitung 2,560> ttabel 2,021 Ha diterima dan Ho ditolak.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2308818240 . Digilib
Date Deposited: 02 Jun 2025 07:37
Terakhir diubah: 02 Jun 2025 07:37
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87872

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir