PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR E-BOOK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI (STUDI KASUS SMAN 1 TERUSAN NUNYAI)

LIDIA , MILLINIA (2025) PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR E-BOOK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI (STUDI KASUS SMAN 1 TERUSAN NUNYAI). FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (130Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3508Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3363Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar peserta didik dalam mata pelajaran Sejarah di SMAN 1 Terusan Nunyai. Di era digital saat ini, berbagai inovasi teknologi telah banyak diterapkan di dunia pendidikan, salah satunya adalah Pemanfaatan Sumber Belajar E-Book sebagai media pembelajaran. Ebook dianggap mampu menyajikan materi pelajaran secara lebih menarik, fleksibel, dan interaktif, sehingga diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi awal, diketahui bahwa motivasi belajar siswa dalam pelajaran Sejarah masih tergolong rendah, sehingga penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana Pemanfaatan Sumber Belajar E-Book berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari tiga guru Sejarah kelas X, XI, dan XII, serta 33 peserta didik kelas X.3. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemanfaatan Sumber Belajar E-Book memiliki pengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil angket, sebagian besar peserta didik menunjukkan respons baik terhadap pembelajaran berbasis e-book. Guru juga mengakui bahwa penggunaan e-book membantu penyampaian materi menjadi lebih variatif dan mudah dipahami. Kendala yang dihadapi meliputi keterbatasan perangkat, akses internet, dan kurangnya partisipasi aktif siswa. Meskipun demikian, guru telah melakukan berbagai upaya untuk mengatasi kendala tersebut. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa Pemanfaatan Sumber Belajar E-Book dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik, dan layak dikembangkan lebih lanjut sebagai media pembelajaran Sejarah di sekolah. Kata Kunci : E-Book, Sejarah, Motivasi Belajar, Pembelajaran Digital, SMAN 1 Terusan Nunyai

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
900 Sejarah dan Geografi
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: .Millinia Lidia
Date Deposited: 03 Jun 2025 07:30
Terakhir diubah: 03 Jun 2025 07:30
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/87969

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir