Adellia , Christi (2025) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TREASURE HUNT TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI SMPN 26 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (260Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2499Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1361Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Treasure Hunt terhadap keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di SMPN 26 Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi-experiment dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, tes, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan meliputi analisis statistik deskriptif, uji prasyarat analisis, uji hipotesis, serta uji N-Gain Score. Berdasarkan hasil uji Independent Sample t-Test, ditemukan perbedaan signifikan dengan kelas eksperimen yang menerapkan metode pembelajaran Treasure Hunt, menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan menggunakan N- Gain Score pada keterampilan intelektual sebesar 76,76%, sedangkan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran Discovery Learning hanya mencapai 24,73%. Dalam hal keterampilan partisipasi, hasil observasi menunjukkan bahwa peserta didik di kelas eksperimen memiliki tingkat keaktifan sebesar 82,58% yang dikategorikan sebagai sangat aktif, sementara kelas kontrol menunjukkan tingkat keaktifan sebesar 78,5%, yang masuk dalam kategori aktif. Hasil yang didapat menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan metode pembelajaran Treasure Hunt terhadap Keaktifan Belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di SMPN 26 Bandar Lampung, hal ini ditandai dengan peserta didik yang menunjukkan adanya peningkatan dari segi fisik dan mental, seperti menjadi lebih fokus dan lebih antusias dalam belajar. Mendorong kolaborasi dan interaksi sosial seperti meningkatkan keterampilan komunikasi dan kerjasama kelompok dan membuat peserta didik yang cenderung pasif menjadi lebih terlibat aktif melalui dukungan kelompok. Kata kunci : Metode Pembelajaran, Treasure Hunt, Keaktifan Belajar
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) |
Pengguna Deposit: | 2301077288 . Digilib |
Date Deposited: | 12 Jun 2025 06:57 |
Terakhir diubah: | 12 Jun 2025 06:57 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/88384 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |