PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) BERBANTU E-MODUL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KETERAMPILAN KOLABORASI PESERTA DIDIK SMP MATERI BIOTEKNOLOGI

IMROATUS, SOLICHAH (2025) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) BERBANTU E-MODUL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KETERAMPILAN KOLABORASI PESERTA DIDIK SMP MATERI BIOTEKNOLOGI. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universiras Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (165Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI_IMROATUS SOLICHAH. FIX.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1871Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI_IMROATUS SOLICHAH_Tanpa Pembahasan.pdf

Download (1702Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

kreativitas dan keterampilan kolaborasi merupakan kemampuan penting pada era globalisasi, penguasaan keduanya pada peserta didik masih tergolong rendah sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Project Based Learning (PjBL) berbantu E-modul sebagai upaya meningkatkannya. Populasi penelitian terdiri dari seluruh peserta didik kelas IX dan sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang dipilih secara simple random sampling. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dan menggunakan desain non equivalen group design, pada kelas ekperimen diberi perlakuan model PjBL berbantu E-modul dan model discovery learning dikelas kontrol. Jenis data berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari nilai pretest dan posttest, kemudian data kualitatif diperoleh dari angket tanggapan peserta didik, hasil lembar penilian produk kreatif, dan hasil analisis lembar observasi keterampilan kolaborasi. Teknik pengumpulan data yaitu tes, angket, lembar penilaian, dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata posttest berpikir kreatif kelas eksperimen sebesar 69,51 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 60,80. Kemudian nilai rata-rata keterampilan kolaborasi juga lebih tinggi pada kelas ekperimen sebesar 76,77 kategori baik, sedangkan kelas kontrol sebesar 64,09 kategori cukup. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model PjBL berbantu E-modul pada materi bioteknologi berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan kolaborasi peserta didik. Hasil penelitian ini dapat menjadi acuan bagi pendidik dan peneliti untuk menerapkan model PjBL dalam proses pembelajaran untuk mengembangkan kreativitas dan kolaborasi peserta didik. Kata Kunci: Berpikir Kreatif, E-modul, Kolaborasi, dan Project Based Learning

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2301434934 . Digilib
Date Deposited: 12 Jun 2025 14:09
Terakhir diubah: 12 Jun 2025 14:09
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/88468

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir