PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADAMATA PELAJARAN MATEMATIKA KELASV

INTAR , KHOERUNISA (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADAMATA PELAJARAN MATEMATIKA KELASV. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT..pdf

Download (24Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1313Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1261Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran kelas V di SDN 1 Kalibening Raya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran matematika kelas V dengan materi volume bangun ruang yang meliputi kubus, balok, tabung, dan prisma segitiga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonequivalent control group design dengan desain penelitiannya menggunakan quasi experimental design. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes dan non-tes. Populasi pada penelitian ini berjumlah 83, sampel menggunakan teknik purposive sampling yang berjumlah 56 peserta didik kelas VA dan VC. Data dianalisis dengan uji regresi sederhana. Penelitian ini memperoleh hasil 0,001 < 0,05 dengan peningkatan 58,2% yang artinya bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran matematika kelas V. Kata kunci: kemampuan berpikir kritis, model pembelajaran RME

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2301735999 . Digilib
Date Deposited: 12 Jun 2025 14:43
Terakhir diubah: 12 Jun 2025 14:43
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/88477

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir