RIZKI, MEI SAFITRI (2025) PENGEMBANGAN E-LKPD DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN ADVERSITY QUOTIENT PESERTA DIDIK. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf Download (161Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (1619Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1581Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk menghasilkan E-LKPD dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) yang valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan Adversity Quotient peserta didik. Desain penelitian mengacu pada model ADDIE. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMPN 2 Sumberejo Tahun Ajaran 2024/2025. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, angket, dan tes uraian. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Independent Sample T-Test dan Uji Proporsi. Berdasarkan penelitian, diperoleh data validasi dari dua orang ahli materi dan dua orang ahli media yang menunjukkan kriteria valid. Sedangkan respons guru dan peserta didik menunjukkan kriteria praktis. Hasil uji Independent Sample T-Test N-Gain tes kemampuan pemecahan masalah menunjukkan nilai sig. 0,019 dan sig. hasil uji terhadap N-gain Adversity Quotient sebesar 0,031. Hal ini menandakan bahwa E-LKPD dengan pendekatan RME efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan AQ peserta didik. Kemudian, dari hasil uji proporsi diketahui bahwa persentase peserta didik yang mempunyai kemampuan pemecahan masalah dengan kategori baik sama dengan 60%. Dengan demikian, E-LKPD dengan pendekatan RME memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan Adversity Quotient peserta didik. Kata kunci: E-LKPD, Realistic Mathematics Education, Kemampuan Pemecahan Masalah, Adversity Quotient
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Pendidikan Matematika |
Pengguna Deposit: | 2301097105 . Digilib |
Date Deposited: | 16 Jun 2025 01:25 |
Terakhir diubah: | 16 Jun 2025 01:25 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/88702 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |