EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTU PHET SIMULATION TERHADAP LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM

Yani Puspita , Sari (2025) EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTU PHET SIMULATION TERHADAP LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (228Kb) | Preview
[img] File PDF
2. FILE SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1763Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. FILE SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1716Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas model Problem Based Learning (PBL) berbantuan PhET Simulation terhadap literasi sains peserta didik pada materi perubahan iklim. Literasi sains yang dikaji mencakup tiga indikator utama, yaitu menjelaskan fenomena secara ilmiah, mengevaluasi dan merancang penyelidikan ilmiah, serta menafsirkan data dan bukti ilmiah. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Sampel terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang mendapat perlakuan model PBL dengan PhET Simulation, dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Data diperoleh melalui tes literasi sains dan angket respon peserta didik. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara peningkatan literasi sains kelas eksperimen dan kontrol. Indikator menafsirkan data dan bukti ilmiah mengalami peningkatan paling tinggi, didukung oleh hasil angket yang menunjukkan bahwa PhET Simulation membantu peserta didik memahami hubungan antarvariabel dan membaca grafik serta data visual. Sementara itu, indikator mengevaluasi dan merancang penyelidikan ilmiah menunjukkan peningkatan paling rendah, terutama di kelas kontrol, akibat minimnya kegiatan investigatif. Simpulan dari penelitian ini adalah model PBL berbantu PhET Simulation efektif dalam meningkatkan literasi sains peserta didik, terutama dalam indikator menafsirkan data dan bukti ilmiah. Kata kunci :literasi sains, PBL, perubahan iklim, PhET Simulation

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2506781585 Digilib
Date Deposited: 16 Jun 2025 07:48
Terakhir diubah: 16 Jun 2025 07:48
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/88751

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir