PENGGUNAAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 PUNGGUR TAHUN AJARAN 2024/2025

DINA FAKHRIZA , ULFA (2025) PENGGUNAAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 PUNGGUR TAHUN AJARAN 2024/2025. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (277Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1271Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1156Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah pada penelitian ini adalah minat belajar siswa yang rendah. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan konseling kelompok teknik self management dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Punggur. Desain penelitian ini menggunakan penelitian pre eksperimental designs (One-Group Pretest-Posttest Designs) yaitu desain yang memberikan pre-test (penilaian awal) terlebih dahulu sebelum diberikan perlakuan dan memberi post-test (penilaian akhir) setelah diberi perlakuan. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel berjumlah 10 orang merupakan 6 siswa yang memiliki minat belajar rendah, 2 siswa memiliki minat belajar sedang, dan 2 siswa memiliki minat belajar tinggi. Hasil penelitian ini dianalisis menggunakan uji Wilcoxon yang menunjukkan hasil p = 0.004; p < 0.05 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Disimpulkan bahwa terdapat peningkatan sebesar 48,3% minat belajar menggunakan konseling kelompok teknik self management. Kata kunci: minat belajar, konseling kelompok, self management The problem in this study is the low interest in learning of students. The purpose of this study was to determine the use of self-management technique group counseling in increasing the interest in learning of class XI students at SMA Negeri 1 Punggur. The design of this study used pre-experimental designs (One-Group Pretest-Posttest Designs), a design that provides a pre-test (initial assessment) before being given treatment and provides a post-test (final assessment) after being given treatment. The sampling technique in this study used a purposive sampling technique with a sample of 10 people, 6 students who had low interest in learning, 2 students had moderate interest in learning, and 2 students had high interest in learning. The results of this study were analyzed using the Wilcoxon test which showed p = 0.004; p <0.05 which means Ho is rejected and Ha is accepted. It was concluded that there was an increase of 48.3% in interest in learning using self-management technique group counseling. Keywords: learning interest, group counseling, self-management

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Bimbingan dan Konseling
Pengguna Deposit: 2506666328 Digilib
Date Deposited: 16 Jun 2025 12:09
Terakhir diubah: 16 Jun 2025 12:09
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/88795

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir