PENGARUH CONCEPT ATTAINMENT MODEL BERBASIS EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT TERHADAP CRITICAL THINKING SKILLS DAN SUSTAINABILITY AWARENESS PESERTA DIDIK

KADEK DEWI SEPTI, SURYANI (2025) PENGARUH CONCEPT ATTAINMENT MODEL BERBASIS EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT TERHADAP CRITICAL THINKING SKILLS DAN SUSTAINABILITY AWARENESS PESERTA DIDIK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK_KADEK DEWI SEPTI SURYANI.pdf

Download (533Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL TANPA LAMPIRAN_KADEK DEWI SEPTI SURYANI.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3593Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB 4 & LAMPIRAN_KADEK DEWI SEPTI SURYANI.pdf

Download (2873Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Critical thinking skills dan sustainability awareness merupakan kompetensi penting dalam menghadapi permasalahan isu global. Namun, tingkat critical thinking skills dan sustainability awareness peserta didik di Indonesia masih tergolong rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Concept Attainment Model berbasis Education for Sustainable Development terhadap peningkatan critical thinking skills dan sustainability awareness peserta didik. Kelas X1 dan X3 ditetapkan sebagai sampel menggunakan teknik purposive sampling. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif. Desain penelitian menggunakan quasi eksperiment. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pretest dan posttest serta pre-angket dan post-angket. Hasil pretest dan posttest menunjukkan bahwa rata-rata nilai N-Gain pada kelas eksperiman sebesar 0,47, lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan rata-rata N-Gain 0,37. Berdasarkan hasil uji effect size, diperoleh nilai sebesar 1,12 dengan kriteria tinggi . Pada data angket sustainability awareness, diperoleh selisih rata-rata tertinggi pada indikator emotional awareness, yaitu sebesar 50,00 pada kelas eksperimen. Berdasakan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan Concept Attainment Model berbasis Education for Sustainable Development berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan critical thinking skills dan berpengaruh terhadap peningkatan sustainability awareness peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Sekampung pada materi Ekosistem. Penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan dalam penelitian selanjutnya untuk mengkaji efektivitas model pada jenjang pendidikan dan materi pelajaran yang berbeda. Kata Kunci: Concept Attainment, Critical Thinking Skills, Education for Sustainable Development, Sustainability Awareness

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2506400181 Digilib
Date Deposited: 17 Jun 2025 04:32
Terakhir diubah: 17 Jun 2025 04:32
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/88862

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir