PENGARUH MODEL OBSERVASI, BERPIKIR ANALISIS, DAN KOMUNIKASI (OBAK) BERBANTU E-MODUL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI INTERAKSI ANTAR MAKHLUK HIDUP

SYIFA , NUR RAHMAH (2025) PENGARUH MODEL OBSERVASI, BERPIKIR ANALISIS, DAN KOMUNIKASI (OBAK) BERBANTU E-MODUL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI INTERAKSI ANTAR MAKHLUK HIDUP. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK_SYIFA NUR RAHMAH.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL SYIFA NUR RAHMAH.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2288Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN _SYIFA NUR RAHAMAH.pdf

Download (2036Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Observasi, Berpikir Analisis, dan Komunikasi (OBAK) berbantu e-modul terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi interaksi antar makhluk hidup. Populasi penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Bandar Sribhawono. Sampel yang diambil menggunakan teknik purposive sampling dengan kelas VII.2 (30 peserta didik) sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.1 (31 peserta didik) sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan yaitu quasi experiment dengan bentuk desain Pretest-Posttest Non-Equivalent Control Grup Design. Jenis data dalam penelitian berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa data rata-rata nilai pretest, posttest, dan N-gain sebagai hasil peningkatan keterampilan berpikir kritis kemudian dianalisis dengan uji independent sample t-test didapatkan nilai Sig.(2- tailed) 0,00 < 0,05 artinya hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh dari penerapan model pembelajaran OBAK berbantu e-modul terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi interaksi antar makhluk hidup. Data kualitatif berupa angket tanggapan peserta didik terhadap penerapan model OBAK berbantu e-modul yang memiliki persentase 76,99 % dengan kategori baik. Hal tersebut menunjukkan bahwa penerapan model OBAK berbantu e-modul mendapatkan respon positif dari peserta didik. Kata Kunci : Berpikir Kritis, Interaksi Antar Makhluk Hidup, OBAK, SMP

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2506776849 Digilib
Date Deposited: 17 Jun 2025 04:40
Terakhir diubah: 17 Jun 2025 04:40
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/88867

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir