PENGARUH PERGAULAN TEMAN SEBAYA TERHADAP KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 PESISIR SELATAN

SHABILA , NURHASANAH (2025) PENGARUH PERGAULAN TEMAN SEBAYA TERHADAP KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 PESISIR SELATAN. FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (139Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1036Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (908Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pergaulan teman sebaya merupakan interaksi sosial antar individu dengan usia dan tingkat perkembangan yang serupa. Kelompok teman sebaya berperan dalam memengaruhi perilaku peserta didik, termasuk aspek kedisiplinan. Kedisiplinan didefinisikan sebagai kepatuhan terhadap aturan dan tata tertib yang berlaku dalam proses pembelajaran maupun kehidupan sosial di lingkungan sekolah. Peserta didik yang berada dalam lingkungan pergaulan positif memiliki kecenderungan lebih tinggi untuk menunjukkan perilaku disiplin. Sebaliknya, lingkungan pergaulan yang negatif berpotensi meningkatkan risiko pelanggaran terhadap norma dan aturan yang berlaku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pergaulan teman sebaya terhadap kedisiplinan peserta didik di SMA Negeri 1 Pesisir Selatan. Metode dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Pesisir Selatan tahun ajaran 2024/2025. Sampel penelitian ini berjumlah 74 responden dengan menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yakni menggunakan teknik angket dan wawancara. Teknik analisis data pada penelitian ini yakni menggunakan uji regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pergaulan teman sebaya memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kedisiplinan peserta didik diperoleh nilai kontanta (α) sebesar 17,515 dan koefisien regresi (b) sebesar 0,053 dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai koefisien determinasi (Rkuadrat) sebesar 45,8% kedisiplinan peserta didik dipengaruhi oleh pergaulan dengan teman sebaya, sementara 54,2% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain diluar pergaulan teman sebaya. Pergaulan teman sebaya menjadi salah satu faktor penting dalam membentuk kedisiplinan peserta didik di lingkungan sekolah. Kata Kunci: Pergaulan, Teman Sebaya, Kedisiplinan, Peserta Didik

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN)
Pengguna Deposit: 2301485566 . Digilib
Date Deposited: 18 Jun 2025 14:30
Terakhir diubah: 18 Jun 2025 14:30
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/89040

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir