STRATEGI COPING SISWA BERPRESTASI DALAM POLA RELASI KELUARGA YANG TIDAK OPTIMAL DI SMAN 1 SENDANG AGUNG

RIZKI, MUAFIA (2025) STRATEGI COPING SISWA BERPRESTASI DALAM POLA RELASI KELUARGA YANG TIDAK OPTIMAL DI SMAN 1 SENDANG AGUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (241Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1363Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1019Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini mengkaji strategi coping yang digunakan siswa berprestasi dalam pola relasi keluarga yang tidak optimal di SMA Negeri 1 Sendang Agung. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, penelitian dilakukan terhadap enam siswa berprestasi yang menghadapi tantangan dalam relasi keluarga mereka. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dan Focus Group Discussion (FGD). Hasil penelitian mengidentifikasi ada enam kategori strategi coping yang digunakan: Emotion-focused coping (31,58%), Problem-focused coping (29,82%), Social Support (17,54%), Avoidance Strategy (12,28%), Religious Coping (5,26%), dan Approach Strategy (3,51%). Temuan menunjukkan bahwa meskipun menghadapi pola relasi keluarga yang kurang optimal, siswa mampu mengembangkan resiliensi dan strategi adaptif untuk tetap berprestasi. Mereka menunjukkan kemampuan adaptasi tinggi dengan mencari waktu dan tempat optimal untuk belajar, mengembangkan kemandirian, mencari dukungan sosial alternatif, serta mentransformasi pengalaman sulit menjadi motivasi. Penelitian ini memberikan wawasan penting tentang siswa yang dapat mengatasi keterbatasan dalam lingkungan keluarga untuk mencapai keberhasilan akademik, serta menyoroti pentingnya memperkuat sistem dukungan di sekolah bagi siswa dengan kondisi keluarga yang kurang optimal. Kata Kunci: strategi coping, pola relasi keluarga, siswa berprestasi.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Bimbingan dan Konseling
Pengguna Deposit: 2506580841 Digilib
Date Deposited: 23 Jun 2025 06:49
Terakhir diubah: 23 Jun 2025 06:49
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/89253

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir